Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah anak belajar di rumah lockdown C0v1d 19




Siswa mana yang tidak menyukai hari libur? hampir tidak ada bukan. Bagaimana tidak, ketika  mendengar bahwa kegiatan belajar di rumah akan dipepanjang, serasa melayang hingga ke awan, dengan tetap menikmati meskipun di rumah banyak tugas yang menanti, tugas dari Guru, dan tidak lupa tugas dari Emak. 

Perasaan senang dan gembira  Sebab, setelah tugas-tugas tersebut telah selesai, mereka akan dihadapkan dengan berbagai camilan khas yang dibuatkan emak. Hmmmm yummyyy..

School from home ternyata menyenangkan bagi anak anak. Merasa nyaman di rumah karena bisa berkumpul dengan keluarga,namun tak dapat dipungkiri, School from home menimbulkan kesan rindu yang mendalam di hati para guru dan siswa.

Mereka merindukan saat saat yang mengesankan di sekolah. Ada saat mereka belajar, tertawa, bahkan dihukum bersama-sama merupakan hal yang kini hilang tuk sementara.
Tugas – tugas dari guru tetap dikerjakan dengan baik, dan menambah semangat terlebih para orang tua punya banyak andil dalam pembentukan karakter anak .

Orang tua punya peran penting  di rumah untuk mengarahkan dan memberikan penjelasan saat anak mendapatkan tugas dari guru.
Tidak bisa dipungkiri masa lockdown membawa manfaat bagi keluarga, mulai dari pembiasaan menjaga kebersihan, hingga kedekatan anak dan orang tua mulai terbangun. Kalau selama ini orang tua sibuk bekerja kini waktu luang banyak diberikan kepada anak

Keluarga merupakan pondasi pokok, apa yang dilakukan orang tua  itupun akan dilakukan oleh anak , sehingga orang tua harus berhati –hati saat beraktifitas karena akan dicontoh oleh anak. 

Dari keluarga inilah pendidikan karakter terbentuk karena dalam keseharian tentu  akan menjadi pembiasaan, misalkan bersama ayah ibu dan anak bahu membahu membersikan rumah, sholat berjama’ah dimana semua yang dilakukan ini akan menjadikan pembiasaan yang melekat hingga kelak akan membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan berakhlaq

Oleh karena itu mari kita sikapi musibah p4nd3m1 V1rus c0v1d 19 ini  agar lebih dekat dengan keluarga terlebih anak yang masih membutuhkan banyak perhatian dari kita para orang tua.


Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Hikmah anak belajar di rumah lockdown C0v1d 19"