Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartini di Tengah Pandemi




Hari kartini di dunia pendidikan identik dengan berbagai macam “klenik” yang khas. Peringatan hari kartini biasanya ditunggu-tunggu oleh para siswa baik di TK, SD/MI, ataupun SMP. Biasanya para siswa diwajibkan mengikuti parade atau biasa disebut pawai menggunakan pakaian khas kebaya bagi perempuan dan pakaian khas daerah jawa bagi laki-laki.
Namun pada tanggal 21 April 2020 kali ini para siswa tak lagi dapat merasakan meriahnya memperingati hari kartini seperti pada tahun-tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan p4nd3m1 virus c0v1d-19 yang masih meresahkan warga masyarakat di tanah air.  
Salah satu hikmah yang dapat kita ambil dari peringatan hari kartini adalah memahami betapa berharganya wanita. Masa depan suatu bangsa tergantung kepada wanita dalam bangsa itu. Tentunya semua manusia di bumi ini juga terlahir dari rahim seorang wanita, sehingga tak dapat dipungkiri bahwa wanita juga berperan penting tak ubahnya peran seorang laki-laki.
Lantas bagaimana cara para siswa mengisi kegiatan pada hari kartini di tengah p4nd3m1 c0v1d-19? Apakah tetap berdandan layaknya putri jawa? Memakai konde dan kebaya? Tentunya tidak. Kita dapat mengisi dengan hal-hal yang positif. Beberapa hal yang dapat dilakukan siswa dalam peringatan hari kartini ditengah p4nd3m1 c0v1d-19, yakni :

1    1.      Membantu tugas ibu

      Menghargai ibu dapat dilakukan dengan banyak cara. Misalnya : mencuci baju, menyapu rumah, memasak, dan lain sebagainya. Dengan kegiatan tersebut siswa diharapkan mampu menghargai jasa seorang ibu, mampu berperilaku baik, dan dapat melatih kecakapan siswa di masa yang akan datang.

      2.      Mempercantik Akhlaq

       R.A Kartini juga terkenal dengan budi pekerti dan akhlaq yang luhur. Beliau mampu menjadi sosok wanita yang anggun, menghargai yang lebih tua, menyayangi yang muda, dan tidak mudah berkata kurang sopan.

      3.      Menjalankan Kewajiban

       Kewajiban siswa yang paling utama yakni belajar. Di manapun berada setidaknya tempat tersebut adalah tempat untuk menuntut ilmu. Di tengah p4nd3m1 c0v1d-19 siswa melaksanakan seluruh kegiatan belajar di rumah. Selain belajar siswa juga dapat melaksanakan kewajiban lainya, baik kewajiban terhadap orang tua, maupun saudara.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan siswa dengan maksimal di rumah. Peringatan hari kartini tahun ini sungguh spesial, khususnya bagi para wanita di Indonesia. Peran sebagai kelompok yang rentan terdampak 
c0v1d-19 ini seakan menjelaskan, bahwa kartini tahun ini ialah yang tak mengabaikan tugas, membantu orang tua serta yang memiliki akhlaqul karimah. Apabila ketiga poin tersebut telah kalian lakukan, maka kalian adalah kartini yang sesungguhnya. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Kartini di Tengah Pandemi"