Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Puasa yang Wajib Diketahui




Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat islam, merupakan salah satu rukun islam. Puasa adalah sebuah ibadah yang penuh dengan rahasia. Bagaimana tidak, yang mengetahui puasa atau tidaknya seseorang adalah orang itu sendiri dan Allah.

Oleh sebab itu, Allah menyeru ummatNya untuk berpuasa dengan panggilan “Wahai orang-orang yang beriman” karena hanya orang-orang yang memiliki keimanan tinggi yang mampu menjalani perintah tersebut dengan sempurna.

Sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk mengajarkan puasa kepada putra putri tercinta mulai dari usia dini untuk menjalankan ibadah wajib ini. Pendidikan tentang puasa tentunya juga diajarkan di sekolah. Namun pada situasi p4nd3m1 c0v1d-19 ini sudah tentunya orang yang paling berpengaruh ialah orang tua di rumah. Sehingga peran orang tua sangat penting terhadap kegiatan ibadah seorang anak.

Anak-anak harus tau, bahwa disini yang menilai puasa kita, bukanlah orang tua, saudara, tetangga atau orang lain. Tetapi Allah lah yang langsung menilai amalan puasa kita. Dan kita sebagai seorang yang beriman seharusnya melakukan puasa dengan penuh keikhlasan serta cinta kepada Allah.

Puasa juga butuh niat yang kuat. Karena ibarat sebuah bangunan, niat merupakan pondasinya. Apabila pondasi itu kuat, makan bangunan itu akan kokoh. Sebaliknya, apabila niat kita lemah bangunan itu akan mudah roboh.

Mari kita bersama sama menguatkan niat kita. Agar ketika siang hari melihat sabun cuci piring, tidak seperti melihat es sirup. Hehehe. Semua kembali kepada niat kita dalam hati masing-masing.

Selamat menjalankan ibadah puasa tentunya bersama keluarga tercinta di rumah aja.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Rahasia Puasa yang Wajib Diketahui"