Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Tingkatkan Kualitas Iman di Bulan Ramadhan


Membaca Al Qur'an di Bulan Ramadhan

Ramadhan bagi seseorang dijadikan sebagai tolak ukur atas keimanan yang ada pada hatinya. Di bulan yang suci ini, umat islam saling berbondong-bondong untuk menjadi insan yang sempurna di mata Allah SWT.

Seluruh umat muslim tentunya menginginkan pahala puasa yang berkualitas. Bukan hanya sekedar menahan rasa lapar dan haus saja. Banyak ibadah-ibadah sunnah dikerjakan, awalnya yang tak pernah mengerjakan sholat dhuha, pada ramadhan ini rutin melaksanakan sholat dhuha. Yang dulunya tak pernah memakai hijab, kini pada bulan ramadhan mulai mengenakan hijabnya. Dan itu semua sudah menjadi hal yang baik dalam mengisi bulan ramadhan ini.

Ibu-ibu pun menjadi lebih kreatif dalam hal masak memasak. Apalagi ketika menyiapkan berbagai olahan untuk berbuka puasa. Setiap sore menjelang berbuka pastinya di atas meja sudah tersaji, berbagai jajanan khas daerah, baik berupa gorengan, es doger, es campur dan lain sebagainya.
Supaya ibadah kita di bulan ramadhan menjadi amalan yang benar benar sholih di hadapanNya, alangkah baiknya kita simak tips-tips berikut :

  • Memperbanyak bacaan Al Qur’an. Hal ini dapat dilakukan setiap selesai sholat, baik setelah sholat fardhu maupun sholat sunnah. Usahakan dalam satu bulan ramadhan ini kita dapat menghatamkan Al Qur’an. Jadi kita buat jadwal, bahwa sehari paling tidak kita khatamkan 1 juz Al Qur’an.
  • Mengerjakan sholat sunnah. Beberapa sholat sunnah yang dapat diamalkan pada bulan ramadhan yakni, Sholat dhuha, Sholat Qobliyah dan Ba’diyah, Sholat Tarawih, Sholat witir dan sholat Sunnah lainnya.
  • Mengikuti kajian kajian islam di berbagai sosial media, misalnya di Facebook, Twitter, Instagram maupun youtube.
  • Bersedekah. Amalan sedekah tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang mampu secara materi. senyum yang manit, perkataan yang lembut, mendoakan orang sakit, dan perbuatan baik lainnya juga dapat dikatakan sedekah serta merupakan amalan yang bermanfaat.
  • Menghafalkan Al Qur’an sedikit demi sedikit. Melakukan hal ini memang awalnya sangat berat. Apalagi bagi ibu-ibu yang dikatakan aktifitasnya lumayan padat di rumah. Namun, hal ini akan berubah menjadi mudah, apabila kita memiliki niat yang kuat dalam diri. Apabila niat itu sudah terpatri tentunya hanya mengharap ridho Allah, maka tak ada yang mustahil. Ibu-ibu juga dapat memulai menghafal Al Qur’an dengan cara memberikan bimbingan kepada anak-anaknya agar mau menghafal. Biasanya dimulai dari surat-surat pendek, yakni juz 30. Tak ada yang mustahil selama kita mau berusaha.
Itu tadi 5 tips agar ramadhan kita menjadi ramadhan yang berkualitas dan penuh makna. Menjadikan diri sebagai manusia yang beriman dan bertakwa. Semoga kita bisa istiqomah di bulan Ramadhan dan bulan yang akan datang selanjutnya.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Tips Tingkatkan Kualitas Iman di Bulan Ramadhan"