Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pekerjaan Sampingan Bagi Guru Honorer


Guru merupakan pekerjaan yang mulia, yang bertugas mengajar, mendidik dan menerapkan karakter-karakter positif pada siswa. Namun terdapat perbedaan dalam lingkungan guru, yakni ada yang berstatus PNS, ada juga yang berstaus honorer.

Meski sama-sama sebagai guru yang memiliki tugas dan perang yang sama, namun perbedaan yang paling menonjol adalah gaji yang didapatkan. Gaji guru honorer sangat jauh berbeda dengan gaji guru PNS yang sesuai dengan UMR Pemerintah. 

Hal ini menyebabkan guru honorer harus memutar otak agar mendapatkan penghasilan lebih selain dari gaji mengajar yang didapatkan. Belum lagi guru honorer yang sudah berkeluarga, yang sudah memiliki istri dan anak. Gaji yang di dapatkan belum bisa mencukupi kebutuhan keluarga kecilnya.
Untuk itu, mari kita simak beberapa pekerjaan sampingan yang menjajikan bagi guru honorer :

1. Menjadi guru bimbel atau les privat

Pekerjaan yang satu ini tentunya bukan pekerjaan yang baru di lingkungan guru. Yakni sama-sama mengajar siswa, yang membedakan hanyalah tempat dan juga siswa yang kita ajar. 
Menjadi guru  bimbel dapat dilakukan dengan datang ke rumah siswa, atau kita sendiri yang membuka tempar bimbel tersebut. Dengan membuka tempat bimbel, kita akan mendapat penghasilan lebih dalam satu jalur, yakni pendidikan.

2. Membuat pernik kerajinan tangan

Dalam hal ini yang paling banyak menjadi subjek adalah Guru TK. Dimana para guru TK mengaplikasikan kemampuan kreatif yang dimiliki agar dapat menjadi sumber-sumber rupiah. Beberapa kerajinan tangan yang menjadi trend saat ini yaitu : Tas rajutan, bros handmade, Kalung dan gelang manik-manik, serta banyak kerajinan lainnya.

3. Jasa Foto Copy, atau Pengetikan

Bermodalkan alat-alat yang juga dibutuhkan saat menjadi guru, usaha ini patut dijalankan agar dapat menambah penghasilan guru honorer. Print, Laptop dan alat fotocopy mini dapat kita gunakan sebagai alat untuk mendapatkan rupiah selain mengajar. Alat tersebut juga sudah pastinya dimiliki oleh beberapa guru honorer terutama yang sudah lama mengajar.

4. Menjual barang online

Pekerjaan sampingan bagi guru honorer lainnya yakni menjual produk secara online. Banyak sekali produk-produk yang laku saat ini yang dapat dicari hanya dengan satu kali klik melalui handphone. Diantaranya Produk pakaian, obat herbal, kosmetik, makanan, dan lain sebagainya.

5. Bidang Pertanian

Bagi yang memiliki lahan pertanian alangkah baiknya jika kita maksimalkan pengolahannya agar dapat memberi hasil yang maksimal pula. Guru honorer dapat mengolah dan memasarkan hasil pertaniannya tanpa harus mengganggu waktu mengajar di sekolah.

Menjadi guru honorer dengan gaji yang tergolong minim memang tidak mudah. Banyak sekali guru honorer khususnya laki-laki menyerah untuk berjuang di dunia pendidikan dikarenakan tidak mampu dalam mencukupi kebutuhan keluarganya.

Pakaian dinas yang rapi, tas yang berisi laptop, dan sepatu yang mengkilat menjadi salah satu kebiasaan yang disegani. Pekerjaan dan tanggung jawab yang tinggi tidak sepadan dengan gaji yang didapatkan. Meskipun begitu, masih banyak guru honorer yang bertahan karena niat yang tulus untuk mengabdi, menjadikan generasi penerus bangsa menjadi generasi yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Semoga Allah memberi kecukupan bagi guru honorer yang tetap semangat berjuang dalam dunia pendidikan. 
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "5 Pekerjaan Sampingan Bagi Guru Honorer"