Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar dari P4nd3m1, Menuntut Ilmu Bisa Dimana Saja


P4nd3m1 virus c0r0na, yang kian hari terus merebak, membuat sebagian besar orang terpaksa membatasi aktifitas masing-masing untuk mengurangi penyebaran virus c0v1d. Sehingga berbagai elemen masyarakat banyak yang terdampak dari virus ini, begitupun instansi pendidikan baik formal maupun non formal  harus diliburkan dan diganti dengan belajar di rumah secara online. 

Belajar di rumah dengan didampingi orang tua, merupakan moment yg tidak bisa dilupakan, rupanya p4nd3m1 c0r0na ini memberikan kesan mendalam, anak lebih dekat dengan orang tuanya, dan orang tuapun bisa merasakan proses belajar yang bisa jadi selama ini hanya dirasakan oleh bapak/ ibu guru pengajar disekolah.

Strategi mendidik di rumah dengan disekolah tentu juga berbeda, kalau disekolah mungkin terlihat formal sementara kalau di rumah anak anak lebih santai,namun tidak mengurangi tujuan utama belajar adalah anak anak paham dengan apa yang di ajarkan.

Pembatasan karena p4nd3m1 c0r0na terus berlangsung, tapi tidak mengurangi agenda pendidikan disekolah yang saat ini berlangsung di rumah, menuntut ilmu bisa dimana saja, dan dengan harapan belajar di rumah bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan proses berfikir anak, sehingga sesuai dengan harapan kita bersama.

Dan ternyata belajar dirumah juga menghasilkan dampak positif bagi guru, siswa dan orang tua diantaranya :


Guru menjadi lebih mahir IT

Jika biasanya guru menyampaikan pembelajaran secara langsung di kelas, kini guru menjadi lebih aktif untuk menentukan media pembelajaran secara online tentunya menggunakan teknologi. Guru yang belum mahir mengoperasikan laptop dan media sosial, kini dengan adanya anjuran belajar di rumah guru mulai mempelajari laptop dan media sosial dengan maksimal.

Siswa Lebih Mudah Mencari Sumber Belajar Melalui Media Internet.

Dengan adanya internet yang digunakan selama belajar di rumah, siswa akan membuka sendiri gerbang pengetahuan yang akan di dapatkan melalui internet. Dimana biasanya siswa malas untuk membaca, kini siswa mulai aktif membaca meskipun melalui internet.

Kebebasan dalam Belajar

Siswa akan merasa lebih bebas belajar saat di rumah dari pada di sekolah. Selain karena siswa tidak terbatasi oleh waktu, siswa juga akan merasa bebas karena tidak lagi melaksanakan belajar se-formal di sekolah yang terikat oleh peraturan-peraturan yang harus dipatuhi

Pergaulan Anak Lebih Terjaga

Pantauan orang tua menjadi hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Dimana orang tua juga dapat memantau dengan siapa anaknya berteman dan bergaul. Selama belajar di rumah siswa tentunya beraktifitas di rumah dan sekitar rumah saja. 

Membuat Belajar Lebih Bersemangat

Bagi beberapa siswa belajar dengan tipe yang santai dan minim aturan merupakan sesuatu yang menyenangkan. Tidak perlu lagi menunggu jam istirahat untuk makan dan beristirahat sejenak. Siswa dapat belajar dengan lebih santai dan bahkan ditemani oleh orang -orang tersayang di rumah. 

Orang Tua dapat Mengetahui Kelebihan dan Kelemahan Anak

Jika di sekolah anak belajar bersama Bapak dan Ibu guru tentunya yang banyak mengetahui perkembangan anak yaitu Bapak dan Ibu guru. Namun ketika kegiatan belajar di rumah seperti sekarang orang tua akan lebih mengetahui secara detai tentang kelebihan dan kekurangan anak-anaknya. Sehingga orang tua dapat meningkatkan kembali kelebihan yang dimiliki anak serta melengkapi hal yang kurang agar lebih sempurna.

Menciptakan Suasana di Rumah yang Sehat dan Bersih serta Penerapannya.

Anak akan terkesan lebih peka terhadap lingkungannya. Yakni lebih mengetahui tentang tugas dan kewajibannya di rumah terkait tentang membersihkan rumah agar lingkungan rumah menjadi sehat. 

Sedangkan sisi negatif pembelajaran dirumah adalah kurang efektif karena penjelasan yang diberikan guru tidak bisa langsung, sehingga ketika anak tidak paham kesulitan untuk konsultasi dengan guru terutama untuk pelajaran yang membutuhkan pelajaran yang lebih mendalam, seperti halnya matematika. Untuk Ayah dan Bunda tetap semangat mendampingi anak belajar di rumah, agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan kita semua meski dalam keadaan p4nd3m1 c0v1d-19.



Penulis : Hermi Hidayati
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Belajar dari P4nd3m1, Menuntut Ilmu Bisa Dimana Saja"