Iklan 1

Cara Efektif Menyampaikan Pembelajaran tanpa Media


Tidak semua sekolahan memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Beberapa sekolah banyak yang hampir tidak memiliki fasilitas yang menunjang. Keberhasilan siswa sedikit banyak dipengaruhi oleh media yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. 

Siswa akan mudah bosan bahkan tidak tertarik jika pembelajaran tidak dilengkapi dengan media. Merupakan tantangan tersendiri bagi guru yang mengajar tanpa media dengan kurikulum k13 dimana pada kurikulum tersebut membutuhkan media pembelajaran.

Pembelajaran tanpa media dapat tersampaikan dengan baik jika guru memiliki kreatifitas yang bagus sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Berikut beberapa cara mengajar tanpa media namun dapat menarik minat belajar siswa. 

1. Kemampuan bercerita

Guru yang kreatif dapat mengasah kemampuan menyampaikan materi dengan metode bercerita. Materi pembelajaran dapat dikemas oleh guru dalam bentuk cerita, sehingga menarik perhatian siswa saat belajar. Materi yang cocok pada pembelajaran ini yaitu pelajaran IPS, Bahasa, PKn, dan materi yang bersifat kontekstual lainnya. 
Jangan sekali-kali menyampaikan materi yang mengandung konsep rumus menggunakan metode bercerita, misalnya pelajaran matematika.

2. Gaya Humoris

Siswa tidak akan mudah bosan dan jenuh jika menghadapi guru yang humoris. Metode humor yang diberikan sebaiknya sesuai dengan porsinya, sehingga tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran. 
Batasi humor hanya sebagai penghilang rasa jenuh, lelah dan letih. Jangan sampai humor yang diberikan menurunkan wibawa seorang guru.

3. Komitmen

Guru mengajar hendaknya memiliki komitmen dan rambu-rambu yang harus dipatuhi siswa. Komitmen tersebut dapat berupa sikap disiplin, teguh pendirian dan sikap positif lainnya. 
Namun komitmen yang dimiliki seorang guru, jangan sampai membuat siswa takut. Buatlah siswa anda kagum dan hormat kepada anda bukan karena rasa takur, namun karena dicintai dan dihargai oleh siswa. 

4. Perhatian

Perhatian yang diberikan guru terhadap siswa akan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat siswa menjadi nyaman dalam belajar. Perhatian yang dapat diberikan guru dapat berupa nasehat, saran, dan pujian yang disampaikan dengan baik tanpa menyinggung perasaan siswa. 
Jika siswa menjadi nyaman karena diperhatikan oleh guru, siswa tersebut akan menikmati pembelajaran yang dilalui dengan tanggung jawab meski tanpa menggunakan media.

5. Batasan Materi 

Metode bercerita atau metode ceramah akan sangat membosankan jika disampaikan dengan waktu yang lama dan materi yang luas. Materi yang disampaikan tidak akan terserap dengan baik oleh anak jika terlalu padat dan  bertele-tele. 

6. Menggunakan Bahasa yang Mudah dipahami

Bahasa Indonesia tetap boleh bahkan sangat dianjurkan selama kegiatan pembelajaran. Namun tidak semua siswa dapat memahami bahasa Indonesia secara menyeluruh. Untuk itu tetap gunakan bahasa yang fleksibel yang mudah dipahami siswa.

7. Gesture Tubuh

Olah gerah tubuh sangat diperlukan dalam pembelajaran tanpa media. Siswa akan lebih memperhatikan guru yang memiliki gestur sesuai dengan materi yang disampaikan. 
Siswa dapat menklasifikasi gerakan guru melalui apa yang ia lihat. Sehingga siswa akan mengidolakan anda sebagai gurunya.

8. Tulisan 

Kegiatan menulis dapat menjadi salah satu tugas bagi siswa setelah kita menerangkan materi. Berilah contoh tulisan yang baik, yang sekiranya siswa dapat membacanya dengan baik

Cara Efektif menyampaikan pembelajaran tanpa media di atas semoga dapat menjadi motivasi kita semua sebagai guru yang profesional.
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Cara Efektif Menyampaikan Pembelajaran tanpa Media "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel