Iklan 1

Langkah Menciptakan Pembelajaran yang Efektif


Belajar merupakan proses dari belum tahu menjadi tahu, yang belum paham menjadi paham. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang efektif. 

Berikut langkah agar pembelajaran berlangsung secara efektif :

1. Menentukan Tujuan

sebagai guru yang profesional hendaknya menentukan tujuan yang jelas saat memulai pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai dapat membuat anda sebagai guru semakin bersemangat saat mengajar. 

Sampaikan tujuan belajar yang akan anda capai sebelum melakukan proses pembelajaran. Hal ini bertujuan agar siswa juga lebih bersemangat dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sehingga tercapai relasi yang baik antara guru dan siswa. 

2. Beri Suasana Belajar yang Nyaman

Suasana belajar yang nyaman memungkinkan materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan maksimal. Membuat suasana belajar yang nyaman tidak harus sepi, sunyi, namun sesuai dengan kondi saat itu. Misalnya, ketika pembelajaran kesenian, tidak mungkin kelas seni tercipta dengan kondisi sepi tanpa sebuah aktifitas. Seharusnya kelas seni di isi dengan aktifitas yang mengasah keterampilan siswa, baik menyanyi, melukis, menari, dan lainnya. 

3. Membagi kelompok

Kelompok belajar menjadikan gaya belajar tersendiri bagi siswa. Siswa dapat lebih semangat bejar ketika dibentuk kelompok karena dalam sebuah kelompok siswa akan lebih bebas untuk bertanya atau berdiskusi dengan teman kelompoknya.

4. Ajarkan memahami konsep

Pada usisa SD siswa akan mulai mengenal yang namanya konsep. Tidak semua konsep harus dihafalkan, namun konsep harus dipahami. Tampah menghafal, jika siswa paham konsep, maka siswa akan mudah dalam menerima pelajaran dengan baik. Siswa akan mengerjakan tugasnya dengan terstruktur jika paham akan konsep yang diberikan.

5. Rangsang siswa untuk bertanya

Pada akhir pembelajaran, usahakan memberi ruang waktu yang cukup untuk bertanya. Tidak semua siswa memiliki karakter berani bertanya. Untuk itu ciptakan suasana yang menyenangkan yang membuat siswa nyaman dan tidak takut untuk bertanya. 

Dengan bertanya siswa akan menghadapi persoalan yang tidak dapat diselesaikan oleh dirinya. Sehingga siswa menjadi tau dengan bertanya kepada guru.

6. Tanamkan Cinta Belajar pada siswa

Membuat siswa senang belajar tentunya tidak mudah, belum lagi dengan mata pelajaran yang sangat dibenci oleh banyak siswa, misalnya matematika. Sebuah tantangan tersendiri bagi guru untuk membuat siswa menyukai semua mata pelajaran di sekolah. Namun sebagai guru yang profesional harusnya memiliki banyak cara agar siswa senang saat belajar.

Jangan pernah memaksa anak untuk mampu dalam semua mata pelajaran, buat anak mencintai kurang lebih 3 pelajaran saja, sehingga yang lain akan menyesuaikan. Hal ini dapat mengurangi tingkat stress yang dihadapi siswa saat menghadapi kegiatan pembelajaran.


Uraian diatas merupakan langkah yang dapat dilakukan guru agar pembelajaran berlangsung secara efektif. Pembelajaran di kelas merupakan milik antara guru dan siswa. Mau dibawa kemanapun kegiatan belajar itu hanya guru dan siswa yang dapat menentukan tingkat kefektifannya. Tetaplah menjadi guru yang profesional dengan mewujudkan pembelajaran yang efektif.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Langkah Menciptakan Pembelajaran yang Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel