Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Agar Menghafal dengan Cepat dan Tahan Lama


Menghafal merupakan kegiatan belajar yang hampir 80% tidak disukai siswa. Kurangnya minat siswa saat menghafal dikarenakan banyak hal, diantaranya berasal dari faktor inernal dan eksternal. 

Faktor internal yang memperngaruhi yakni berasal dari diri siswa itu sendiri, mulai dari rasa malas hingga tidak suka dengan pelajarannya. Sedangkan faktor eksternal dapat berasal dari pengaruh teman, lingkungan, game, dan pihak lain yang membuat siswa sulit menghafal materi pelajaran.

Berikut beberapa metode agar siswa mudah hafal materi pelajaran :

1. Metode Pengulangan

Menghafal berasal dari sesuatu yang dibaca dan dipelajari berulang-ulang. Sering mengulang materi yang dibaca dapan membuat daya ingat bertahan lama. 

2. Mencari partner

Saat sedang menghafal, cari partner atau pasangan yang dapat menyimak dan mengarahkan materi yang sedang dihafalkan. Biasanya ketika di sekolah yang menjadi partner hafalan adalah teman sebangku, sedangkan saat di rumah, orang tua dapat menjadi partner yang pas. 

3. Media Rekaman Suara

Cara ini sangat ideal bagi siswa yang sedang menghafal agar dapat menghafal dengan mudah jika tidak memiliki partner yang pas ketika di rumah. Rekaman suara hafalan dapat diputar ulang beberapa kali untuk mempermudah menghafal.

4. Menulis point yang dihafal

Bagi siswa yang memiliki kemampuan mudah mengingat konsep dalam bentuk tulisan atau gambar, cara ini merupakan cara yang tepat. 

5. Motivasi yang lebih

Motivasi sangat penting demi keberhasilan seseorang, terutama bagi siswa yang ingin cepat hafal dengan materi belajarnya. Motivasi dari orang sekitar menjadikan siswa lebih semangat sehingga otak dapat bekerja dengan maksimal.

6. Niat yang Kuat

Keberhasilan juga berasal dari niat yang kuat. Usahakan niat yang dimiliki siswa menjadi modal utama untuk mencapai suatu tujuan. 
Persiapkan diri untuk menghafal mulai dari niat, tempat yang sepi dan nyaman, serta hal yang akan terjadi jika hafal dengan materi pelajaran tersebut. 

Beberapa siswa mudah menghafal dan mengingat materi pada tempat yang sepi dan tenang serta aman dari berbagai gangguan lainnya. Namun ada juga siswa yang lebih mudah memahami materi menggunakan bantuan musik atau lagu-lagu.

7. Hindari Kebut Semalam

Menghafal tentunya tidak bisa dilakukan secara instan. Mungkin beberapa siswa dapat menghafal dalam waktu semalam, namun tidak menjamin ingatan itu dapat bertahan lama. 

8. Lakukan dengan senang

Segala sesuatu tergantung pada apa yang ada dalam pikirkan. Ketika fokus dengan kata susah, maka yang terjadi akan seputar tentang kesusahan itu. Tidak akan ada kata mudah. Jadi atur pemikiran agar selalu berpikir positif. 


Bagaimana, masih malas menghafal? Pada dasarnya menghafal itu mudah, asalkan mau berusaha. Beberapa tips diatas dapat dilakukan agar menghafal menjadi mudah dan berhasil. 
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Metode Agar Menghafal dengan Cepat dan Tahan Lama"