Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Ice Breaking Bagi Siswa


Ice breaking merupakan hal yang dapat dibilang mampu mengatasi kejenuhan saat belajar. Ice breaking yang dilakukan guru sebaiknya bersifat membangun semangat siswa agar dapat fokus kembali pada kegiatan belajar yang dilakukan.

Seperti namanya, ice breaking diharapkan dapat menjadi penyegar bagi sebuah kondisi yang memang benar-benar menjenuhkan dan sangat membosankan bagi siswa. 

Ice breaking tidak harus dilakukan dengan berada di luar ruangan dan dengan menggunakan waktu yang lama. Namun ice breaking dapat juga dilakukan di dalam ruangan tentunya dengan waktu yang dapat dinilai cukup.

Berikut beberapa manfaat ice breaking yang harus diketahui oleh guru :

1. Merefresh Siswa

Siswa terkadang merasa jenuh ketika mengikuti kegiatan belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, guru sebaiknya memberi sebuah ice breaking yang bersifat menyegarkan semangat siswa.

2. Melatih Konsentrasi

Bagi siswa yang mengalami masalah susah fokus terhadap apa yang dipelajari, guru dapat memberi sebuah ice breaking yang dapat melatih konsentrasi. Biasanya ice breaking yang digunakan yakni lebih kepada perintah-perintah cepat.

3. menghidupkan Kelas

Jika guru merasa kelas menjadi sepi dan terkesan monoton, guru dapat memberi ice breaking yang dapat membuat siswa ikut serta dalam mengeluarkan suaranya. Dapat berupa nyanyian lagu-lagu atau kegiatan lain yang memancing suara siswa.

4. Menajamkan Daya Ingat

Ice breaking yang digunakan untuk menajamkan daya ingat biasanya bersifat cerita namun bukan cerita yang membosankan. Melainkan cerita yang di dalamnya ada unsur peningkatan kegiatan berfikir untuk melatih daya ingat.

Uraian tersebut merupakan beberapa manfaat dari adanya ice breaking. Guru seharusnya dapat peka terhadap kondisi siswanya. Misalnya pada kondisi siswa yang sudah tidak sanggup lagi menerima materi yang diajarkan karena terlalu banyak yang sudah mereka pelajari. 

Sehingga berapapun materi yang diberikan selanjutnya akan terasa sia-sia dan tidak dapat diingat siswa.

Pemberian ice breaking yang tepat yakni pada saat siswa mengalami tingkat kejenuhan yang tinggi. Biasanya ketika mendekati jam-jam pulang sekolah. Siswa yang diberi ice breaking sebenarnya tidak hanya siswa TK ataupun SD. Bahkan siswa SMP dan SMA juga perlu mendapat ice breaking. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Pentingnya Ice Breaking Bagi Siswa"