Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bagi yang Ingin Kuliah Biaya Sendiri


Kuliah dengan biaya dari orang tua sudah tidak menjadi hal yang menarik saat ini. Dimana orang tua yang mengatur segalanya untuk kita, mulai dari biaya kuliah, biaya kost, biaya makan, dan lain sebagainya. Karena lebih keren jika kuliah yang kita jalani berasal dari jerih payah perjuangan kita sendiri. Namun apakah bisa kuliah sambil kerja? Jawabannya tentu bisa.

Tidak semua memiliki orang tua yang mampu membiayai seluruh biaya anak saat kuliah. Untuk itu kita sebagai anak harus belajar untuk dewasa dan mandiri, agar kelak terlatih dalam kehidupan bermasyarakat.

Langkah pertama yang menjadi dasar untuk memilih kuliah mandiri yakni niat yang kuat. Jika niat saja tidak kita miliki, melangkah saja enggan. Jadi tanamkan niat dengan kuat. kemudian simak beberapa hal yang harus dicermati berikut ini :

1. Pilih Kampus yang tepat

kampus yang dipilih seharusnya memiliki jurusan yang kita minati. Sehingga perkuliahan dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan cita-cita kita. Carilah kampus dengan kriteria yang kamu cita-citakan. 

2. Menghitung biaya

Memutuskan kuliah dengan biaya sendiri tentunya harus dengan pemikiran yang matang, terutama masalah biaya. Kita harus cermat dalam menghitung biaya yang akan kita keluarkan.
Adapun biaya yang menjadi pertimbangan yakni biaya kuliah, biaya uang makan dan jajan, serta biaya transport. Usahakan kampus tempat kita akan kuliah berada dekat dengan rumah, sekiranya kita dapat menghemat biaya agar tidak kost. 

3. Menetapkan cara mendapat biaya

Bagi lulusan SMA atau sederajat, apabila belum memiliki tiket khusus untuk kuliah (jalur prestasi) sebaiknya gunakan waktu yang ada untuk mencari pekerjaan yang tetap. Bahkan jika benar-benar ingin kuliah dengan biaya sendiri, dapat dilakukan dengan fokus bekerja kurang lebih 1-2 tahun untuk mengumpulkan biaya yang digunakan sebagai uang masuk. Sehingga kita tidak merasakan beban biaya yang terlalu mahal.

4. Berburu beasiswa

Point ini sangat penting untuk menunjang masalah biaya jika kita sudah masuk dalam sebuah universitas / perguruan tinggi. Sebagai pejuang sarjana, tentunya tidak mungkin melewatkan salah satu persyaratan sehingga bisa mendapatkan beasiswa. 

5. Menyeimbangakan Kerja dan kuliah

Kuliah sambil kerja tentunya susah susah gampang. Harus pandai-pandai dalam mengolah waktu. Usahakan kita memilih kuliah yang dapat mengimbangi jam kerja kita. Karena dua point penting ini tidak bisa lepas satu sama lain. Kuliah untuk bekerja, dan bekerja untuk kuliah. 

6. Berhemat dan rajin menabung

Perilaku baik yang harus kita lakukan yakni berhemat dan rajin menabung agar kita memiliki bekal dan juga tabungan yang dapat digunakan semisal ada biaya tak terduga yang dibutuhkan pada saat kuliah. 

7. Menjadi freelancer

Bekerja yang paling menghemat waktu dan tenaga yakni bekerja dengan sistem online. Pada saat ini sangat marak bisnis-bisnis online yang dapat kita jalani meski hanya dengan modal yang pas-pasan. Menjadi freelancer dapat memaksimalkan kegiatan kita agar terfokus pada kuliah, sehingga kita dapat lulus dengan predikat yang memuaskan. 

Bagaimana, Sudah terbayang untuk kuliah dengan biaya sendiri? Mungkin membutuhkan kerja keras dan upaya yang maksimal. Namun akan sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan setelah lulus dan menjadi seorang yang sukses. Mantapkan niatdan tujuan, agar kuliah dengan biaya sendiri tidak putus di tengah jalan. 
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Tips Bagi yang Ingin Kuliah Biaya Sendiri"