Tips Banyak Uang Bagi Pelajar


Usia sekolah baik SD, SMP maupun SMA ternyata juga bisa punya duit banyak. Caranya tentu tidak mungkin jika usia pelajar harus bekerja keras, banting tulang untuk mendapat banyak uang. 

Sebagai pelajar tentunya kita pasti mendapat uang saku dari orang tua, banyak ataupun sedikit, pasti orang tua memberi uang saku pada kita. Dari uang saku ini kita bisa ngumpulin pundi-pundi rupiah sebagai celengan pribadi kita. 

Menjadi pelajar yang hemat dengan menyisihkan uang saku, tentunya dapat memberi keuntungan khususnya bagi diri sendiri bahkan untuk orang di sekitar kita. Ketika menginginkan membeli alat tulis, kerudung, kaos kaki atau barang pelengkap lainnya kita tidak perlu meminta lagi pada orang tua. Sehingga orang tua pasti akan bangga kepada kita.

Mari kita simak Tips banyak uang bagi pelajar berikut ini :

1. Sarapan di Rumah

Sarapan merupakan point penting bagi pelajar agar bersemangat dalam menuntut ilmu. Kondisi perut yang terisi dapat membuat kepala berfikir dengan jernih, dan meningkatkan konsentrasi. Jika dikaitkan dengan uang saku, sarapan di rumah dapat menghemat uang saku kita lho. Karena uang saku kita akan tetap utuh tanpa keluar untuk sarapan di kantin. Jadi jangan lewatkan sarapan di rumah ya.

2. Jajan seperlunya

Tips banyak uang bagi pelajar yang kedua, yaitu jajan seperlunya. Artinya, saat waktu istirahat jangan gunakan seluruh uang saku kita untuk membeli makanan atau barang lainnya. Sisakan setengah dari uang saku kita untuk ditabung, syukur jika kita membawa bekal jajanan dari rumah. Entah berupa kue, gorengan, dan lainnya.

3. Bawa air mineral

Saat istirahat di kantin akan terlihat jajaran minuman mulai dari yang hangat hingga yang dingin. Tentunya banyak pula minuman yang kita belum tau pasti bahan yang dipakai aman atau tidak. Dengan membawa air mineral, selain kita terhindar dari penyakit yang disebabkan minuman instan, kita dapat menghemat uang untuk beli minuman tersebut.

4. Sibuk dengan kegiatan 

Kegiatan belajar di sekolah terkadang dapat membuat kita lupa untuk jajan di kantin. Ini sebenarnya menjadi hal postif bagi kita yang ingin mendapat uang banyak meski hanya menjadi pelajar. Waktu istirahat dapat kita isi dengan membaca buku di perpus, bermain dengan teman di lapangan, atau hal lain yang membuat kita lupa dengan kantin.

5. Punya celengan yang sulit dibuka

Tergoda akan uang yang sudah terkumpul terkadang menjadi hal yang tidak bisa dihindari dari seorang pelajar. Untuk itu, uang yang sudah kita kumpulkan sebaiknya ditaruh pada tempat yang sekiranya kita sulit untuk membukanya, misalnya celengan ayam. Dengan begitu kita akan fokus untuk berhemat dengan rajin menabung. 

Memang tidak mudah untuk mengawali berhemat dengan rajin menyisihkan uang saku, banyak sekali godaan baik dari teman, maupun diri sendiri. Namun sebaiknya kita harus mulai belajar untuk berhemat, agar saat dewasa kita dapat memanajemen uang dengan baik.
Tapi ingat, berhemat bukan berarti pelit. Kita juga harus tetap bisa berbagi dengan teman, meski tidak dengan nominal yang banyak. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Tips Banyak Uang Bagi Pelajar"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel