Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur Manajemen Kelas agar Tercipta Pembelajaran yang Berkualitas


Manajemen kelas merupakah usaha sadar yang dilakukan guru untuk mengatur segala kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan belajar. Kegiatan manajemen kelas harus berdasarkan pada beberapa tujuan yang penting.

Beberapa tujuan tersebut yaitu mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang baik, menghilangkan berbagai hambatan, mengatur fasilitas yang dibutuhkan, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran sesungguhnya yang tercantum pada perencanan pembelajaran.

Manajemen kelas yang baik, tentunya dipengaruhi beberapa unsur penting yang juga mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Mari kita simak beberapa unsur penting dalam manajemen kelas berikut ini:

1. Pengaturan tempat Belajar

Ruang kelas menjadi tempat belajar utama bagi siswa dan guru. Namun guru yang kreatif tentunya dapat menjadikan semua tempat sebagai ruang belajar. Misalnya lapangan, ditaman sekolah, di kantin, dan tempat lain yang dapat digunakan untuk belajar.
Dalam kurikulum 2013 perlu adanya kreatifitas dari guru untuk menciptakan ruang belajar yang menunjang pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).

2. Pengaturan Siswa

Manajemen kelas tentunya tidak lepas dari pengaturan siswa yang dapat dibagi menjadi 2, yakni secara kelompok, maupun individual. Sebaiknya guru tidak monoton menjadikan siswa belajar secara individu, melainkan selalu bervariasi antara individual dan kelompok. 

3. Pemilihan Metode Pembelajaran

Pada kurikulum 2013 guru secara tidak langsung dituntut untuk menguasai berbagai metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Berbagai metode pembelajran tersebut tentunya selalu dimulai dengan kegiatan membuka pelajaran, isi, pemberian materi-materi penguatan, hingga menutup pembelajaran.

4. Pemilihan Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan dapat menunjang optimalisasi kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Apalagi pada pembelajaran tematik yang mengharuskan adanya media pembelajaran yang mendukung. 
Penggunaan media pembelajaran pada kurikulum 2013 ini bervariasi, dapat melalui media audio, visual maupun audiovisual.

5. Evaluasi (penilaian)

Penilaian pada kurikulum 2013 terbagi menjadi dua, yakni penilaian sikap dan keterampilan. Penilaian sikap berdasarkan pada aspek yang meliputi tingkah laku siswa selama dalap proses pembelajaran, sedangkan penilaian keterampilan dapat dilihat dari kemampuan kognitif siswa dalam mengerjakan evaluasi. Guru yang profesional seharusnya juga mengetahui tujuan dari sebuah evaluasi.


Uraian diatas merupakan beberapa unsur penting yang harus diperhatikan guru ketika memanajemen kelas. Guru diberi kebebasan dalam menentukan manajemen kelas yang berkualitas. Namun perlu diingat, bahwa guru juga harus memperhatikan standar manajemen kelas yang sesuai dengan peraturan dinas pendidikan.

Beberapa standar yang perlu diketahui guru yaitu : pengaturan tempat duduk, volume ruang kelas terhadap siswa, tutur kata guru, materi yang dipelajari, pemberian umpan balik oleh guru, kerapian pakaian guru dan siswa, serta manajemen waktu yang sesuai. 

Manajemen kelas yang baik akan tercipta jika kerjasama antara guru dan siswa berlangsung dengan baik pula. Untuk itu guru harus pandai-pandai membuat siswa merasa nyaman di dalam kelas. 
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Unsur Manajemen Kelas agar Tercipta Pembelajaran yang Berkualitas"