Iklan 1

3 Kiat Agar Anak Menjadi Cerdas, Patuh dan Mandiri Sejak Dini


Pendidikan tidak bisa sepenuhnya diserahkan dan dipasrahkan begitu saja pada guru di sekolah. Karena kegiatan anak di sekolah hanya berkisar kurang lebih 6 jam. Dan Anak pun menghabiskan banyak kegiatannya di rumah. 

Anak yang cerdas, patuh, dan juga mandiri merupakan hal yang didambakan hapir oleh semua orang tua. Namun kebanyakan Orang tua akan memberikan segala sesuatu yang anak inginkan dengan alasan cinta dan sayang dan hasilnya akan membuat anak menjadi manja.

Orang tua harus tahu cara mendidik anak dan juga memahami secara menyeluruh mengenai hal ini. Mungkin para orang tua berpikir bila melalui sekolah, anak sudah cukup mendapatkan pelajaran dan pembelajaran dengan pendidikan di sekolah saja. 

Namun dengan begini, kemungkinan gagal mendidik anak sudah di depan mata karena sepatutnya peran orang tua lah yang harus lebih dominan terhadap perkembangan anak. Berikut beberapa cara mendidik anak dengan benar:

1. Ajarkan Anak untuk Berbicara Jujur

Orang tua jangan sekali-kali memberikan contoh kepada anak untuk tidak berkata jujur atau berbohong. Usahakan agar anak selalu terbuka dalam hal perasaannya ataupun kendala yang anak alami dan jangan biasakan anak untuk menutupi perasaan mereka terhadap anda selaku orang tua. 

Melalui beberapa tahapan tersebut, orang tua tentunya sudah mengajarkan anak untuk belajar jujur dan dapat berharap untuk kebaikannya sendiri kelak.

2. Jangan Menghukum dengan Hukuman Fisik

Apabila anak berbohong atau nakal, ada baiknya jika Orang tua memberi pengertian kepada anak secara pelan apakah tindakan yang mereka lakukan itu boleh dilakukan atau tidak. 

Ingat ya, melakukan hukuman ataupun kekerasan fisik bukanlah cara mendidik yang benar. Anak akan terluka dan semakin tidak menghormati Orang tua. Hal ini juga akan membekas dalam ingatannya bahwa hukuman fisik merupakan hal yang boleh dilakukan pada siapapun. Sehingga anak akan memiliki karakter yang tidak baik.

3. Tumbuhkan Rasa Sosial dan Simpati pada Anak

Semua manusia mempunyai rasa sosial dan simpati dan hal ini sangatlah penting. Ada baiknya jika orang tua mengajarkan anak sejak dini untuk memahami lingkungan sekitar rumah.

Hal ini dapat dilakukan dengan memberi contoh agar suka memberi kepada orang yang membutuhkan di sekitar rumahnya, tidak bersifat sombong atau angkuh pada tetangga dan lain-lain. Berikan juga contoh seperti memberi sedekah pada pengemis dan jelaskan kepada anak kenapa kita harus memberi.

Dari uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa anak yang patuh, cerdas, dan mandiri berasal dari didikan orang tua dan juga guru. Jadi sebagai orang tua mari kita ambil peran yang sesuai dalam mendidik anak anak kita. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "3 Kiat Agar Anak Menjadi Cerdas, Patuh dan Mandiri Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel