Iklan 1

Cara Mencetak Dokumen Ms. Word dan Cara Membatalkan Proses Mencetak Dokumen


Sebelum mencetak dokumen pada microsoft word, kita harus memastikan bahwa printer telah dihubungkan dengan benar ke komputer. Mencetak dokumen dapat dilakukan dengan menjalankan perintah Print.

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Dari menu File, klik Print. Kita juga dapat menjalankan perintah Print dengan cara menekan Ctrl + P di keyboard. 
  2. Pilihlah printer yang ada di kotak Name.
  3. Di bawah Page Range, pilihlah halaman dokumen yang ingin dicetak. Terdapat 3 pilihan, yakni untuk mencetak seluruh dokumen, klik All. Untuk mencetak halaman yang terdapat cursor aktif, klik Current Page. Untuk mencetak halaman tertentu, klik Pages dan isikan halaman yang ingin dicetak
  4. Isikan jumlah dokumen yang ingin dicetak di kotak Number of copies. Jika kita memilih julah dokumen lebih dari satu, berilah tanda cek di kotak cek Collate. Jika ingin mencetak seluruh jumlah kopian terlebih dahulu sebelum mencetak halaman berikutnya.
  5. Klik tombol properties, jika yang berhubungan dengan mengatur halaman pada dokumen belum disempurnakan. 

  • Pilih ukuran kertas yang digunakan pada kotak Size.
  • Pilih kualitas percetakan di Print Quality.
  • Klik OK, Maka kotak dialog properties akan tertutup, dan Klik tombol OK kembali, Maka dokumen akan mulai dicetak.



Jika ingin mencetak halaman dengan bolak balik, maka kita harus mencetak dokumen dengan halaman yang ganjil terlebih dahulu hingga selesai, kemudian melanjutkan kembali dengan mencetak dokumen yang genap. 

Terkadang ketika kita sedang mencetak dokumen, ternyata ditengah proses mencetak terdapat dokumen yang salah dan harus diperbaiki. Kita dapat membatalkan proses mencetak dokumen. Caranya yakni cukup menekan tombol Cancel pada kotak dialog print yang sedang aktif. Maka kegiatan mencetak dokumen akan berhenti. 

Kita juga dapat membatalkan proses mencetak dokumen dengan cara menarik kertas yang ada di printer. Sehingga print akan berhenti untuk menarik kertas dan biasanya akan muncul kotak dialog baru. Kotak dialog tersebut berisi informasi bahwa kertas telah habis dan harap diisi kembali jika ingin melanjutkan. Akan muncul dua kotak aktif, yakni Continue, dan Cancel Prit. Tombol Continue untuk melanjutkan, sedangkan Cancel Print untuk membatalkan. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencetak Dokumen Ms. Word dan Cara Membatalkan Proses Mencetak Dokumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel