Siswa Jangan Dibentak! Dampaknya Seumur Hidup


Tahukan anda, bahwa sistem kerja otak siswa ternyata dipengaruhi oleh apa yang didengar, dilihat, dan dirasakan oleh siswa. Siswa SD memiliki lebih dari 10 triliyun sel otak yang dapat tumbuh. 

Namun ketika siswa mendengar bentakan dari guru maka 1 milyar sel otak pada anak akan mati. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi masa depan siswa, begitupun juga bagi guru, guru akan kehilangan kesepatan menyaksikan siswanya tumbuh dengan cerdas. 

Menurut sebuah penelitian, satu kali bentakan yang dilakukan oleh guru, dapat menyebabkan kerusakan pada struktur otak siswa. Hal itu dapat membuat saluran yang menghubungkan antara otak kiri dan otak kanan menjadi lebih kecil. 

Pada usia 0 hingga usia SD, pertumbuhan otak berkembang sangat pesat. Sehingga jika dimarahi dapat menggugurkan sel otak yang sedang tumbuh. Untuk itu, sebaiknya anda sebagai seorang guru dan orang tua berhati-hati akan apa yang anda ucapkan ketika sedang marah. 

Sebagai seorang guru sebaiknya sebisa mungkin tidak membentak siswa. Karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya berakibat fatal bagi otak, namun dapat juga mengganggu fungsi hati, jantung, dan organ penting lainnya. 

Siswa yang sering dibentak cenderung kesulitan dalam memahami dan berkonsentrasi terhadap apa yang diterimanya. Dampak yang timbul mungkin tidak pada saat itu juga, namun tetap membutuhkan proses yakni daat terjadi saat tumbuh menjadi lebih dewasa. Makanya, siswa yang sering dimarahi sebenarnya dapat lebih cepat stress. Siswa akan mudah melamun, mudah panik, dan cenderung menutup diri.

Mengingat dampak yang luar biasa yang disebabkan oleh bentakan guru kepada siswa, alangkah baiknya jika guru turut membantu menumbuhkan milyaran sel otak pada siswa agar tumbuh dengan cerdas. Berikut caranya :

  1. Beri pujian meski pada prestasi skala tingkat kecil.
  2. Jika sedang marah, usahakan menenangkan diri. Jangan langsung luapkan pada siswa.
  3. Memberi contoh baik yang seharusnya dicontoh oleh siswa.
  4. Memberi nasehat dengan kata-kata yang membangun.
  5. Jadikan siswa nyaman ketika belajar bersama anda.
  6. Aplikasikan pendidikan karakter yang baik.
  7. Jangan menyalahkan siswa dengan perkataan yang tajam.

Itu tadi beberapa dampak negatif bentakan yang diberikan guru pada siswa. Sebagai guru, setidaknya perilaku kita akan dicontoh oleh siswa. Oleh sebab itu, berilah contoh yang baik meski dalam keadaan penuh amarah. Lebih bijak dalam menghadapi siswa pada situasi apapun. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Siswa Jangan Dibentak! Dampaknya Seumur Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel