Dedikasi Seorang Guru Ditengah Pandemi




Pandemi covid-19 masih belum berakhir. Namun di era new normal ini mengharuskan MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo kembali aktif di tahun ajaran baru 2020/2021 yang Insya Allah dimulai kembali pada tanggal 13 Juli 2020. 

Namun kegiatan belajar mengajar tingkat MI masih dalam proses daring, mengingat masih banyaknya korban positif covid-19. Kegiatan awal tahun ajaran baru dimulai dengan kegiatan Sosialisasi Ketentuan Proses Belajar Mengajar saat Pandemi di Tahun Ajaran Baru 2020-2021 oleh Pengawas tingkat MI.

Kegiatan yang di awali dengan rapat pembagian tugas dan jam mengajar pada hari Kamis, 9 Juli 2020   yang dihadiri oleh seluruh Bapak /Ibu Pengajar MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo dan juga pengawas yakni  Ibu Zuni Chusniatul Umah, S.Ag.MA  dan Bpk. Suyadi, S.Pd 

Selain memonitoring kegiatan Bpk dan Ibu guru MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo, kedatangan beliau juga merupakan pembinaan terhadap kegiatan belajar mengajar pada era new normal ini.

Bapak Suyadi, S.Pd Menyampaikan beberapa karakter yang harus dimiliki Guru diantaranya :

Disiplin

Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.

Disiplin bukan hanya  dalam berpakaian, namun  juga disiplin dalam mengajar . Memanfaat waktu dengan sebaik mungkin untuk hal positif .

Saling Menghargai

Seorang guru yang baik tentu mempunyai rasa peduli yang tinggi terhadap teman sejawat, terhadap anak didik dan juga lingkungan sekitarnya serta mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati baik dengan kepala sekolah, teman mengajar, siswa dan juga wali murid.

Bertanggungjawab

Guru memiliki peranan, tugas dan tanggungjawab terhadap peserta didiknya. Tugas guru bukan hanya mengajar, tapi juga mendidik.Mendidik disini yang dimaksudkan adalah memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Mendidik dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak didik ke arah kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani.

Punya semua sifat baik kepada sesama guru

Sebagai seorang dewasa seorang guru mesti punya sifat sebagai seorang yang baik kepada sesama guru. Sifat yang baik yang saya maksud adalah sifat rendah hati, mau berbagi pengetahuan, fleksibel dan mengedepankan prasangka baik, bersifat inklusif dan bukan ekslusif dan bersedia membantu guru lain yang perlu bantuan semampunya.

Sementara itu Ibu  Zuni Chusniatul Umah, S.Ag.MA  meyampaikan beberapa hal yang harus dipahami sebagai seorang guru Profesional diantaranya :

Pengetahuan tentang Kurikulum

Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan

Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. 

Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

Selalu memberikan yang terbaik  untuk Anak-anak dan proses Pengajaran

Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.

Tertib Administrasi

Administrasi sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Tanpa administrasi, guru akan kehilangan arah untuk menentukan bentuk kegiatan belajar yang akan dilakukan. 

Administrasi kegiatan pembelajaran dapat meliputi RPP, Silabus, Prota, Promes, Jurnal Harian, Absensi siswa, dan masih banyak lainnya yang berhubungan dengan kelangsungan belajar mengajar.

Persiapan Mengajar di masa New Normal

Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka pada MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2020. Dengan Melibatkan Pihak pihak terkait, aparat desa maupun bidan desa. Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan sesuai dengan protokol kesehatan. 

Hal yang perlu dipersiapkan sesuai dengan protokol kesehatan diantaranya : Menyediakan tempat cuci tangan yang memadai bagi guru dan juga siswa, Jarak tempat duduk siswa minimal 1 meter dari siswa yang lain, Menggunakan masker, tidak diberlakukannya kantin sekolah, dimana siswa di himbau untuk membawa bekal dari rumah, serta kapasitas kelas yang tidak melebihi, waktu belajar yang diperpendek dan berbagai aturan lainnya sesuai dengan Kurikulum Darurat Covid-19 yang telah berlaku di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo di bawah bimbingan Bapak dan Ibu pengawas.


Dari beberapa uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan rapat pembagian tugas dan juga awal tahun pelajaran baru di era new normal menghasilkan beberapa point penting berikut:
  1. Diberlakukannya kegiatan belajar mengajar pada MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo yang mengacu pada Kurikulum Darurat Covid 19.
  2. Administrasi kelas termasuk RPP, Silabus, Jurnal dan beberapa point penting lainnya agar tetap diperhatikan.
  3. Pembagian tugas dan jam mengajar sudah mencapai titik kesepakatan.
  4. Arahan dari Bapak Ibu pengawas agar memperhatikan standar kesehatan selama menerapkan Kurikulum Darurat Covid-19.
  5. Arahan dari Bapak Ibu pengawas agar semakin semangat dalam melaksanakan kegiatan mengajar selama masa pandemi, yang waktunya memang diperpendek.
  6. Apresiasi yang luar biasa atas kerja sama Bapak Ibu guru MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo dari pengawas.
Sebagai madrasah yang ingin memberikan pelayanan yang baik kepada siswa dan masyarakat, segenap jajaran guru MI Muhammadiyah Plabuhanrejo mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada Bapak dan Ibu pengawas. 

Karena tanpa bimbingan Bapak dan Ibu pengawas tentunya para guru di MI Muhammadiyah Plabuhanrejo tidak akan bisa bekerja dengan maksimal.

Salam semangat menyambut tahun ajaran baru! Madrasah Hebat Bermartabat!
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Dedikasi Seorang Guru Ditengah Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel