Pentingnya 7K di Sekolah


Kebersihan di sekolah merupakan tanggung jawab semua warga sekolah yang harus dibudayakan. Tidak mudah memang untuk menerapkan sikap disiplin dalam menjaga kebersihan pada semua siswa. Untuk menerapkan sikap tersebut di lingkungan sekolah diadakan program 7K. 

Program 7K tersebut kini bukan lagi menjadi sesuatu yang aneh, melainkan hampir seluruh sekolah kini telah menerapkannya. Program 7K berisi tentang hal-hal yang dapat menumbuhkan kepribadian baik bagi anak. 

Budaya 7K ini sebenarnya sudah dilakukan oleh siswa, namun tidak dapat maksimal. Hal ini dikarenakan siswa memang sudah melakukan namun belum memahami penerapan yang sesuai dengan prinsip 7K tersebut. 

Berikut uaraian tentang 7K:

1. Keamanan


Keamanan menjadi salah satu landasan bagi seluruh warga sekolah dalam berbagai kegiatan di sekolah. Lingkungan sekolah yang aman dapat membuat warga sekolah merasa terbebas dari rasa takut. Sehingga kegiatan belajar mengajar pun menjadi lancar bahkan siswa juga lebih mudah mengekspresikan dan mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka. 

Menjaga keamanan sekolah meliputi keamanan diri, teman dan seluruh warga sekolah dalam menggunakan sarana prasarana yang ada pada sekolah. Tidak hanya itu, keamanan ini juga meliputi mencegah dari hal-hal yang dapat memberi pengaruh negatif, misalnya : peredaran narkoba, adu domba, tawuran antara siswa dan berbagai pengaruh negatif lainnya. 

2. Kenyamanan


Sebenarnya kenyamanan tidak dapat diukur menggunakan pemikiran sehingga dapat memiliki standar tersendiri. Karena tingkat kenyamanan yang dirasakan oleh setiap orang itu berbeda-beda. Banyak orang yang mengartikan kenyamanan merupakan rasa enak, nikmat yang dapat dirasakan saat melakukan sesuatu. 

Perasaan nyaman memang dibutuhkan oleh semua orang untuk menjalani hari-harinya. Membuat orang sekitar menjadi nyaman merupakan hal pokok yang wajib ada pada pergaulan. Jika seseorang tidak nyaman, maka sudah pasti orang tersebut akan pergi menjauh dari kita. Dengan memberikan rasa nyaman, dapat membuat kita semakin banyak teman dan juga kita akan mudah diterima pada lingkungan tersebut.

3. Kebersihan


Pada pembahasan kali ini Kebersihan dapat dibagi menjadi 2, yaitu kebersihan yang ada pada diri sendiri dan juga yang ada pada lingkungan. Kebesihan yang ada pada siri sudah pasti menjadi tangung jawab masing-masing diri. Kebersihan diri meliputi: kebersihan gigi, kulit dan rambut dan kebersihan organ tubuh lainnya serta kebersihan pakaian yang kit gunakan. 

Sedangkan kebersihan lingkungan meliputi kebersihan yang ada di sekitar lingkungan sekolah, yakni lingkungan kelas, lapangan, laboratorium, kamar mandi, dan berbagai tempat di sekolah lainnya. Kebersihan lingkungan inilah yang sering tidak diperhatikan, karena semua warga sekolah belum menanamkan sikap peduli akan kebersihan lingkungannya. Sehingga saling melempar tanggung jawab. 

4. Keindahan


Sekolah yang indah memiliki ciri enak dipandang dan asri. Cara menjaga keindahan di sekolah salah satunya yakni dengan menciptakan suasana yang bersih, dan memanfaatkan tata letak yang baik. Keindahan yang dimaksud ini bermaksud memberikan suasana sedap dipandang yang membuat siswa semangat belajar.

5. Kekeluargaan


Prinsip 7K selanjutnya yakni kekeluargaan. Seperti yang diketahui, keluarga merupakan lingkungan terkecil yang digunakan untuk menggembleng karakter anak. Dalam keluarga terdapat aturan yang harus ditaati sehingga menimbulkan rasa rukun, damai dan juga tentram. 

Sekolah juga memiliki tanggung jawab untuk menciptakan rasa kekeluargaan di dalamnya. Untuk itu warga sekolah diharapkan memberi rasa yang mampu membuat siswa rukun bahkan seperti berada di rumah sendiri. 

6. Kerindangan


Prinsip 7K selanjutnya yaitu kerindangan. Sesuai dengan istilahnya, kerindangan meliputi penghijauan yang ada di sekolah. Sekolah yang rindang sudah pasti memiliki banyak sekali pepohonan yang memberikan udara yang sejuk. Cara enciptakan kerindangan di sekolah sudah pasti dengan menanam pohon di lingkungan sekolah. Pohon yang ditanam pun berupa pohon peneduh, salah satunya yakni pohon sono. 

7. Kerapihan


Prinsip kerapihan dalam 7K meliputi rapih dari cara menggunakan seragam, menggunakan seragam sesuai dengan harinya, penataan ruang kelas, dan beberapa aksesoris lainnya. Kerapihan dapat memberi dampak tersendiri bagi kenyamanan seseorang ketika memandang. 

Itu tadi beberapa uraian yang dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi masing-masing pribadi untuk mendukung betapa pentingnya program 7K di sekolah. Program 7K ini tentunya tidak akan dapat terwujud jika tidak didasari rasa tanggung jawab dan rasa memiliki dalam diri. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Pentingnya 7K di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel