6 Karakter Yang Wajib Dimiliki Guru


Profesional memang harus diterapkan pada semua pekerjaan, tak terkecuali pada dunia pendidikan. Guru yang profesional akan memahami betul akan pekerjaan yang kini sedang dijalani. Seorang guru akan merasakan arti dari sebuah pekerjaan yang ia jalani, apakah hanya sebagai rutinitas yang dijalani setiap hari demi mengharapkan gaji ataukah justru semakin hari semakin cinta pada profesi yang kini dijalani sehingga kehidupannya akan semakin berkah. 

Profesi seorang guru memang lain dari yang lain. Memang gaji yang didapat tak sebanding dengan beban dan tanggung jawab, namun keberkahan menjadi seorang guru tak bisa diukur dengan apapun. Guru bertugas menebar ilmu yang nantinya akan menjadi amal jariah yang tidak akan terputus. Ilmu yang bermanfaat itulah yang akan membuat kehidupan seorang guru menjadi berkah. 

Untuk menjadi guru yang profesional, sebaiknya mengetahui beberapa karakter yang harus dimiliki. Berikut beberapa karakter yang harus dimiliki guru profesional:

1. Pandai Memanajemen Waktu


Karakter utama yang dimiliki guru profesional yakni harus pandai dalam mengelola waktu. Siswa dengan bersemangat datang pagi pagi ke sekolah untuk bertemu dengan guru yang mereka sayangi. Mereka rela bangun pagi, mandi, berpakaian rapi, dan melaksanakan semua kewajiban dengan harapan menjadi siswa yang lebih baik dengan bimbingan bapak/ibu guru di sekolah. 

Guru profesional tentunya akan lebih menghargai waktu yang ada, dimana waktu tersebut sangat berarti dan menentukan perkembangan dari siswa yang diajar. Datang dan pulang sebagaimana jam yang telah ditentukan oleh sekolah memang terkadang sulit untuk diterapkan. Namun dengan lebih meghargai waktu, maka guru akan mudah untuk memanajemen waktu agar berkualitas. 

2. Menghargai Sebuah Proses


Menjadi guru sebaiknya tidak terlalu terpaku akan hasil, karena letak sebuah kesungguhan ada pada sebuah proses. Ketika seorang guru sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mengajar namun belum juga berhasil, maka yang harus dilakukan ialah menghargai usaha yang telah dilakukan. 

Dengan menghargai diri sendiri, maka kita akan lebih bersemangat terutama ketika bekerja. Jangan biarkan sebuah kegagalan merupakan akhir dari segalanya, namun guru yang profesional justru akan bangkit dari kegagalan tersebut dan semakin termotivasi agar lebih baik. 

Begitupun ketika di dalam kelas, selalu hargai proses belajar yang dilakukan siswa. Meskipun siswa tersebut belum sepenuhnya mendapat nilai yang baik, namun sebagai guru kita perlu menghargai karya mereka. 

3. Berpikir Terbuka dan Mau Menerima Masukan


Ada karakter kolot yang dimiliki seseorang yang nantinya dapat menghancurkan dirinya sendiri. Karakter tersebut dalam bahasa jawa disebut "pengkuh" atau artinya sulit menerima saran dan kritik. 

Dengan menerapkan pikiran yang terbuka dan mau menerima masukan, maka kita akan lebih mawas diri dan bermuhasabah agar menjadi yang lebih baik. Memang terkadang apa yang kita lakukan sudah benar menurut kita, namun tidak dalam pandangan orang lain. 

4. Percaya Diri


Dengan rasa percaya diri yang dimiliki, maka jiwa profesional akan selalu melekat pada diri seorang guru. Guru dengan percaya diri yang tinggi akan mudah untuk mendapat kategori sebagai guru yang profesional. 

5. Bertanggung Jawab


Guru di sekolah sudah pasti memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Segala macam tugas yang dibebankan harusnya dikerjakan dengan baik oleh guru yang bersangkutan. 

Tugas yang yang telah dibebankan akan terasa ringan jika dikerjakan dengan baik tanpa menunda-nunda. Misalnya ketika ada tugas membuat perangkat pembelajaran, maka akan lebih baik ketika dicicil sedikit demi sedikit. 

6. Ikhlas


Point terpenting yang perlu dimiliki yaitu ikhlas. Kata ikhlas memang sangat mudah untuk diucapkan, namun pada pelaksanaannya sangat sulit. Padahal ikhlas itu adalah penentu dari segala perbuatan yang nantinya akan menjadi bekal untuk di akhirat. Mulai sekarang mari kita belajar untuk ikhlas dalam melakukan segala sesuatunya. 

Itu tadi beberapa karakter yang harus dimiliki oleh guru selaku pendidik generasi bangsa. Karakter yang ada pada guru secara tidak langsung akan tertularkan pada siswa. Oleh sebab itu, mari kita perbaiki karakter yang ada pada diri agar siswa juga memiliki karakter yang baik. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "6 Karakter Yang Wajib Dimiliki Guru"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel