Iklan 1

Cara Membuat RPP Daring Format 1 Lembar


Kegiatan belajar secara daring memang sudah bukan hal yang tabu. Dimana keadaan memaksa guru dan murid untuk tidak saling bertemu dan belajar bersama dalam satu lingkungan. Pembelajaran secara daring biasanya dilakukan menggunakan aplikasi yang dapat diakses oleh banyak siswa pada suatu wilayah. Karena setiap siswa juga memiliki keterbatasan tersendiri dalam hal sarana belajar secara daring. 

Meski mengajar secara online, guru tetap harus memiliki perangkat pembelajaran yang dijadikan pedoman saat mengajar. Salah satu perangkat pembelajaran yang tidak kalah penting dan bersifat pokok yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Biasanya RPP disusun berdasarkan kelas nyata yang diaplikasikan setiap hari ketika bersua dengan siswa. Namun ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring, maka RPP juga harus bersifat daring. 

Pada dasarnya RPP daring sebenarnya sama dengan RPP normal pada umumnya, hanya saja RPP daring terkesan lebih ringkas dan padat. Berikut panduan menyusun RPP daring yang dipadukan dengan RPP 1 Lembar:

1. Menuliskan Identitas 


Sebagaimana RPP pada umumnya, RPP daring juga memerlukan beberapa identitas yang harus dicantumkan. Beberapa identitas tersebut diantaranya: Nama Sekolah, Mata Pelajaran (Tema, Subtema, dan Pembelajaran), Kelas dan Semester, Moda. Pada bagian identitas 'Moda' diisi dengan 'Daring' karena RPP yang dibuat khusus kegiatan daring. Identitas ini tidak harus sesuai dengan ulasan yang telah dijabarkan, namun sesuai dengan yang guru inginkan.

2. Menuliskan Tujuan Pembelajaran


Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting. Dimana guru akan menentukan tujuan pembelajaran yang akan dituju. Tujuan Pembelajaran harus meliputi Cara yang digunakan siswa dalam mencapainya. 

Tujuan pembelajaran dapat diberikan lebih dari 3, sesuai dengan banyaknya bagian materi yang akan dicapai. Namun, sebaiknya tujuan pembelajaran tidak terlalu banyak agar siswa lebih memahami poin poin penting yang akan dicapainya. 

3. Menulis Langkah Pembelajaran


Biasanya penulisan langkah pembelajaran terpetak-petak pada kolom yang berisi nomer, Kegiatan, Deskripsi, dan juga alokasi waktu. Kolom kegiatan yakni diisi dengan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. 

Dimana kegiatan tersebut dijabarkan dalam deskripsi pada setiap bagian kegiatannya. Karena RPP bersifat daring, maka waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru. 

4. Cantumkan Penilaian


Pada proses kegiatan belajar mengajar, tentunya menilai tugas atau kegiatan anak merupakan hal yang pokok untuk dilakukan. Pada bagian penilaian, dapat diisi dengan metode pengumpulan tugas dan dapat juga dijabarkan metode penilaiannya. 

5. Refleksi


Pada bagian refleksi dapat dideskripsikan tentang ketercapaian proses pembelajaran dan juga berupa perbaikan. Jika memang ada beberapa hal yang perlu diulangi, maka guru juga dapat memberikan semacam tugas sebagai bahan evaluasi atau juga bahan remidial. 

6. Tempat dan Tanggal Pembuatan, serta tanda tangan Guru dan Kepala sekolah


Identitas ini biasanya berada di bawah bagian RPP yang merupakan penanda pembuat RPP dan juga penanda bahwa RPP tersebut telah diketahui dan ditanda tangani oleh kepala sekolah. 

Itu tadi beberapa langkah membuat RPP daring yang dipadukan dengan RPP satu lembar. Bagi yang ingin mengetahui secara nyata, dapat diunduh pada link RPP Daring. Semoga bermanfaat.
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

1 Komentar untuk "Cara Membuat RPP Daring Format 1 Lembar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel