Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari NISN Secara Online


Salah satu dokumen pribadi yang dimiliki oleh siswa dan bersifat sangat penting yaitu NISN. Nomer Induk Siswa Nasional merupakan identitas yang dimiliki siswa sebagai tanda pengenal selama menjadi siswa, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.  

Selain sebagai data identitas yang bersifat berkesinambungan, NISN juga diperlukan untuk data administrasi penting lainnya, yaitu: Ujian Nasional (UN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan juga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 

NISN dapat dimiliki oleh siswa dengan cara pengajuan yang dilakukan oleh pihak Operator Sekolah (OPS) melalui aplikasi dapodikpaudi dan juga aplikasi dapodikdasmen. Namun apabila sekolah berada pada naungan kemenag, maka dapat diakses melalui Simpatika. Data yang telah diinput akan diverifikasi oleh verval.pd.data.kemendikbud.go.id. 

Mengetahui NISN merupakan hal yang wajib sebagai data yang harus dimiliki oleh sekolah, terutama guru kelas yang bersangkutan. Ada baiknya jika NISN disertakan pada setiap data siswa seperti yang ada pada jurnal dan administrasi guru lainnya.  

Cara mengetahui NISN sebenarnya cukup mudah, yakni dengan bertanya pada Operator Sekolah atau Madrasah yang bersangkutan. Karena untuk mendapat dan mengakses data yang berisi tentang data siswa harus melalui akun yang telah digunakan oleh OPS sebelumnya. Selain dengan cara tersebut, mencari NISN juga dapat dilakukan secara online. 

Berikut beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mencari NISN secara online:

1. Akses laman nisn.data.kemdikbud.go.id 


2. Pilih menu Data Siswa yang ada di sebelah kiri layar


3.  Pilih menu Pencarian Berdasarkan Nama
4. Lengkapi data yang harus diisi menggunakan data yang awal digunakan ketika menginput data siswa. Data yang harus diisi yaitu meliputi Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan juga nama ibu yang ada pada akta kelahiran.  

Beberapa langkah tersebut akan segera dapat ditemukan, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Pastikan nama siswa yang dimasukkan ketika entri data sesuai dengan dokumen penting yang menjadi acuan yakni Akta Kelahiran dan KK. 
2. Tempat lahir siswa juga harus sesuai, begitupun dengan tanggal lahir dan nama orang tua. 
3. Ketelitian ketika memasukkan data sangat dibutuhkan dalam proses ini. Karena apabila salah dalam penulisan huruf dan angka, maka akibatnya akan fatal, yakni NISN tak dapat ditemukan.

Jika data NISN dapat ditemukan, akan muncul tampilan seperti gambar berikut: 

Namun apabila ada kekeliruan data yang dimasukkan, akan muncul tampilan seperti ini:


Apabila data yang dicari tidak ditemukan seperti gambar diatas dapat diambil dua kemungkinan. Yang pertama, bisa jadi data yang kita masukkan salah atau data awal yang digunakan ketika mendaftar yang tidak sesuai. Ketika terjadi hal tersebut, maka hubungi Operator Sekolah yang bersangkutan. 

Memang sebenarnya ketika ada kesalahan dalam memasukkan data siswa oleh operator sekolah, dapat dirubah melalui laman https://sso.data.kemdikbud.go.id/, namun alangkah baiknya jika data yang dimasukkan sebelumnya sudah benar-benar valid sehingga tidak terjadi masalah input data. 

Tertib administrasi memang diperlukan ketika bekerja dalam sebuah instansi atau lembaga. Sehingga kepercayaan penuh akan didapat dari mana saja. Begitupun sebaliknya, ketika dalam bekerja tidak tertib dalam administrasi, yang ada semua kepercayaan yang telah diberikan akan diragukan. Salam satu data!
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Cara Mencari NISN Secara Online"