Mind Mapping? Kenali Manfaat dan Cara Membuatnya, Agar Belajar Lebih Menyenangkan!


Mind mapping adalah salah satu model pembelajaran yang menyenangkan dan cocok untuk semua jenis tingkat pendidikan. Mind mapping biasanya ditampilkan dalam bentuk cabang-cabang yang memiliki istilah-istilah khusus. Model pembelajaran ini mampu menyeimbangkan antara otak kanan dan juga otak kiri. 

Dengan model pebelajaran ini, anak anak diharapkan mampu berfikir dari segala arah hanya dengan menentukan keyword yang menjadi topik pembahasan. Mind mapping atau peta pikiran ini dapat membuat siswa berpikir lebih dinamis, siswa akan merasa bahwa mind mapping sangat menarik karena bersifat visual. 

Berikut beberapa manfaat mind mapping bagi siswa:


1. Membuat Waktu Belajar Lebih Efektif


Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari model pembelajaran mind mapping yaitu waktu yang digunakan untuk belajar terkesan lebih efektif. Hal ini dikarenakan mind mapping telah mewakili seluruh materi yang akan dipelajari dalam waktu yang singkat. 

2. Pokok Bahasan Lebih Jelas


Sebagaimana sebuah peta, hal pokok yang menjadi bahasan akan menjadi pusat dari segala cabang dalam pembelajaran mind mapping. Pokok bahasan tersebut akan berada di tengah sehingga siswa juga lebih paham betul apa yang sedang dipelajari. 

3. Lebih Mudah Mengidentifikasi Materi


Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, bahwa mind mapping bersifat mengumpulkan segala macam topik bahasan pada sebuah materi. Sehingga siswa akan membentuk pola pikir mereka sedemikian rupa agar menemukan materi yang ada di hadapannya. 

4. Mudah Dipahami dan Diingat


Mind mapping memiliki bentuk dan juga model yang bermacam-macam. Siswa dapat mendesain pola mind mappingnya sesuai dengan imajinasi yang dimiliki. Hal ini menyebabkan daya ingat yang dimiliki siswa menjadi lebih kuat dan terlatih. Siswa dapat mengingat materi pada setiap cabang dengan cara mengetahui warna-warna yang mereka gunakan. 

5. Mepercepat Proses Menulis


Siswa biasanya akan malas jika mendapat tugas menulis dari gurunya. Namun dengan model mind mapping secara tidak langsung akan meningkatkan minat siswa untuk menulis, karena yang mereka tulis hanyalah kata kunci dari beberapa kalimat pada suatu materi. 

Cara Membuat Mind Mapping


1. Meletakkan Tema di Bagian Tengah


Tema utama merupakan pokok dari segala materi yang akan dipelajari. Misalnya kita akan membahas tentang macam-macam cara berkembang biak pada hewan, maka tema pokok yang berada di tengah ialah Cara Hewan Berkembang Biak. 

2. Temukan Beberapa Tema Turunan


Setelah menulis tema utama di tengah-tengah, langkah selanjutnya yaitu menemukan bagian dari tema utama tersebut. Dari tema utama Cara Hewan Berkembang Biak, maka tema turunan yang berkaitan ialah Macam-macam perkembangbiakan pada hewan, Ciri-cirinya, dan juga contoh dari masing masing cara perkembangbiakan tersebut. 

3. Beri Garis dan Warna yang Menarik


Beberapa tema yang berhubungan tersebut dapat dihubungkan dengan cabang kepada tema utama menggunakan garis dan juga warna yang menarik. Warna pada sebuah peta pikiran dapat memberi makna tersendiri jika dibandingkan dengan peta pikiran yang tanpa menggunakan warna. 

4. Gunakan Huruf Kapital


Point ini sangat penting untuk diperhatikan, karena huruf kapital akan mempermudah dalam penulisan bentuk huruf yang nantinya akan bervariasi. Namun penggunaan huruf besar cukup ketika menuliskan poin utama saja, sedangkan untuk penjabaran sebaiknya menggunakan huruf kecil. 

5. Gunakan Kertas Polos


Kertas polos yang akan digunakan dapat meningkatkan kreativitas siswa. Kertas yang bergaris dapat membatasi imajinasi yang ada pada siswa. Untuk itu selalu gunakan kertas polos agar siswa lebih kreatif dan tidak mudah melakukan modifikasi atau biasanya siswa sering menghapus apa yang telah ditulis. 

6. Sisakan Ruang Kosong


Dalam membuat mind mapping harus ada beberapa ruang kosong. Hal ini ditujukan agar ruang kosong tersebut dapat menjadi tempat untuk mengembangkan materi atau mendekorasi kembali mind mapping yang hampir jadi. 

Dari uraian di atas, kita menjadi paham akan apa itu mind mapping, manfaat, dan juga cara membuat mind mapping. Kreativitas yang dimiliki oleh anak akan mudah berkembang jika diasah, namun akan tumpul jika sebagai guru kurang kreatif dalam memberi model pembelajaran. 

Semoga artikel tentang Manfaat dan Cara Membuat Mind Mapping ini bermanfaat, khususnya bagi guru dan juga orang tua di rumah. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Mind Mapping? Kenali Manfaat dan Cara Membuatnya, Agar Belajar Lebih Menyenangkan!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel