Cara Buat Kelas Daring Melalui Google Classroom!


Pada era yang semakin canggih ini menuntut masyarakat untuk semakin mahir dalam urusan teknologi, tak terkecuali pada dunia pendidikan. Semua guru pada era 20 ini dituntut mampu mengoperasikan IT termasuk aplikasi dan juga beberapa platform yang dapat dihubungkan dengan kegiatan belajar secara daring (dalam jaringan). 

Salah satu platform yang dapat membuat siswa dan guru dapat berinteraksi secara daring yaitu Google Classroom. Platform google classroom ini memungkinkan interaksi yang efektif antara guru dan siswa melalui kelas online. 

Platform google classroom ini juga cocok digunakan dari berbagai jenjang, khususnya siswa SD, SMP dan juga SMA. Melalui google classrom guru dan siswa akan lebih terarah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Google Classrom memiliki beberapa keunggulan yang patut dipertimbangkan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar secara online. 

Berikut beberapa keunggulan tersebut diantaranya:


1. Dapat Berbagi Materi Pelajaran


Kegiatan belajar ketika tatap muka langsung antara guru dan siswa memang memungkinkan siswa mendapat materi pelajaran secara langsung. Namun berbeda ketika kegiatan belajar dilakukan secara daring, siswa hanya dibekali buku pelajaran yang siswa sendiri pun kadang malas membaca karena minat baca yang sedikit. 

Melalui google classrom, guru dapat berbagi meteri penjelasan melalui bentuk audio, ataupun video agar siswa lebih antusias dalam belajar. Siswa juga dapat menyimak materi tersebut yang otomatis tersimpan dalam layanan google classroom.

2. Dapat Mengirimkan Tugas


Pada kegiatan belajar mengajar tentunya membutuhkan kegiatan evaluasi untuk mengukur tingkat kemampuan siswa. Guru dapat mengirimkan tugas melalui google classroom sebagai bahan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap materi yang telah diberikan. 

Tugas evaluasi dikirim guru melalui grup, semua siswa dapat membaca dan menerimanya. Namun siswa akan mengirimkan hasil tugasnya secara pribadi dalam google classroom tersebut, jadi tidak memungkinkan adanya kegiatan siswa menyontek hasil tugas siswa yang lainnya. 

3. Dapat Mengadakan Kuis


Kuis interaktif juga dapat diadakan secara langsung melalui google classroom. Guru dapat memberikan pertanyaan secara langsung dan siswa dapat menanggapinya, sebagaimana kuis ketika langsung bertatap muka, siswa yang lebih dulu menjawab dengan jawaban yang tepat akan memenangkan kuis tersebut. 

4. Melihat Tugas ke Depan Melalui Google Calender


Guru dapat mengirimkan tugas yang akan dipelajari melalui google calender. Pada opsi google calender, guru dapat menentukan kegiatan evaluasi dengan memberi tanda pada google calendar yang ada pada google classroomnya. 

Aplikasi google classroom dapat diinstal melalui smartphone yang dimiliki. Aplikasi ini gratis sehingga dapat diakses oleh siapa saja. Beberapa fitur lainnya juga sangat mendukung fungsi dari google classroom ini. Beberapa fitur tersebut diantaranya: google drive, kalender, jamboard, hangouts meet, google form, docs, sheets, gmail dan juga slide. 

Berikut cara untuk membuat kelas di google classroom

1. Pastikan sudah memiliki akun google (gmail)

2. Download google classrom melalui playstore yang ada pada smart phone.
Download seperti cara mendownload aplikasi lain pada umumnya, hingga muncul tampilan telah terdownload. 


3. Buka aplikasi google classroom yang telah terdownload
Klik menu mulai untuk membuka aplikasi tersebut. 

4. Klik tanda plus yang ada pada pojok bawah google classrom, klik buat kelas
Klik tanda plus tersebut. 

Ikuti langkah selanjutnya setelah mengklik Buat Kelas


5. Beri nama kelas sesuai dengan yang diinginkan, Misalnya English class, Mathematic class, atau lainnya.
Isi beberapa Pertanyaan sesuai dengan keinginan nama kelas dan mata pelajaran yang akan dibuat seperti contoh pada gambar. 

Setelah kelas terbuat, anda sebagai guru dapat membagikan kode kelas pada siswa anda. Dengan klik pengaturan yang ada pada tombol bagian atas google class seperti gambar berikut :
Kode kelas yang ada pada kelas yang telah dibuat dapat dirubah dengan nama lain yang mudah diingat. 

Itu tadi cara membuat kelas pada google classroom bagi guru. 

Berikut cara bergabung pada google classroom bagi siswa:

1. Pastikan sudah memiliki akun google (gmail)

2. Download google classrom melalui playstore yang ada pada smart phone.

3. Buka aplikasi google classroom yang telah terdownload

4. Klik tanda plus yang ada pada pojok kanan atas google classrom, klik Gabung Ke Kelas

5. Masukkan kode yang telah dibagikan oleh guru yang membuat kelas tersebut.


Untuk melihat tugas, cukup ikuti menu tugas dan silahkan mengikuti langkah langkah yang ada pada aplikasi tersebut. 

Aplikasi ini dapat dijalankan secara otodidak tanpa perlu belajar dengan susah payah. Karena aplikasi ini bersifat memudahkan yakni hanya mengikuti alur dan menu yang kita inginkan. 

Uraian di atas dapat menjadi salah satu solusi mengadakan kelas secara online tanpa ribet. Dimana memudahkan guru dan siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka, namun masih berjalan secara interaktif. Semoga bermanfaat. Salam Guru hebat!
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Cara Buat Kelas Daring Melalui Google Classroom!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel