Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Tapak Suci Bagi Tumbuh Kembang Anak


Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga bela diri yang cukup banyak digemari akhir-akhir ini. Pada pencak silat diajarkan cara menendang, memukul, menyerang dan juga menangkis. Gerakan tersebut merupakan gerakan dasar yang sudah pasti diajarkan dalam pencak silat. 

Banyak sekali organisasi pencak silat yang bermunculan, salah satunya yaitu Tapak Suci. Cabang seni bela diri tapak suci berada di naungan organisasi besar di Indonesia, yakni Muhammadiyah. Tapak Suci merupakan olahraga bela diri yang tidak hanya khusus bagi kaum pria, namun para wanita juga boleh mengikuti bela diri ini. 

Pada kalangan pelajar muhammadiyah juga diajarkan tapak suci, Mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA. Seni bela diri tapak suci dapat menumbuhkan karakter dan juga mental yang kuat pada anak, sehingga anak akan lebih berani ketika menghadapi posisi yang sulit. 

Sikap pemalu, penakut, minder dan juga sikap negatif lainnya akan hilang dengan sendirinya ketika rajin mengikuti latihan tapak suci ini. Apalagi akhir-akhir ini ramai akan adanya bullying pada anak yang dapat merusak mental anak. 

Tidak hanya itu, bela diri juga memberi manfaat positif lainnya yang dapat mempengaruhi anak, berikut kita simak penjabaran betapa pentingnya tapak suci bagi tumbuh kembang anak:

1. Menguatkan Mental Anak


Seni bela diri tapak suci tidak mengajarkan anak memiliki karakter yang keras dan congkak, namun tapak suci mengajarkan anak agar berani menghadapi teman-temannya ketika ada yang jahil pada diri anak tersebut, misalnya bullying. Anak yang sering dibully dan tidak melawan biasanya memiliki mental yang lemah, dan tidak berani untuk bangkit. 

Dengan latihan olah fisik tapak suci anak tidak hanya terlatih secara fisik, namun secara tidak langsung mental yang ada pada diri anak juga akan ikut digembleng. 

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh


Imun yang kuat tidak hanya diperoleh melalui makanan yang bergizi, namun harus diimbangi dengan olahraga yang cukup. Olahraga yang sesuai salah satunya yaitu beladiri tapak suci. Kesenian bela diri ini akan membuat tubuh menjadi terolah sehingga imun yang terbentuk juga akan lebih mampu untuk bekerja secara maksimal. 

Anak yang sering sakit biasanya memiliki imun yang lemah, untuk mengatasinya sebaiknya anak diberi makanan yang bergizi dan juga mengikuti kegiatan beladiri tapak suci. 

3. Lebih Menghargai Orang Lain


Seni bela diri tapak suci selain mengajarkan untuk tegar dan tidak lemah juga mengajarkan tata cara menghargai orang lain. Karakter ini akan tumbuh seiring dengan seringnya anak latihan. 

Ketika anak dihadapkan dengan lawan yang ada saat latihan, maka pada saat itu juga anak harus dapat berkawan dengan lawan. Artinya, anak akan menghargai lawannya tersebut sebagai teman ketika berada di luar latihan. 

4. Meraih Prestasi


Kemampuan prestasi yang dimiliki anak memang tidak sama. Ada yang unggul dala bidang akademik, ada pula yang unggul dalam bidang non akademik. Bela diri tapak suci juga dapat menjadi penyalur dari bakat bela diri yang dimiliki anak. Karena anak yang memang berprestasi secara non akademik dapat mengembangkan bakatnya pada bidang ini. 

5. Mendukung Pertumbuhan


Alasan anak tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik yaitu kurangnya gerak. Berbagai game online kini menjadi musuh terbesar anak karena dengan terus bermain game anak tidak akan mau bergerak kesana dan kemari. Sehingga anak akan mengalami pertumbuhan yang kurang baik. 

Dengan melakukan bela diri tapak suci, tubuh anak akan aktif bergerak. Otot-otot yang ada pada tubuhnya juga akan ikut bergerak aktif, akibatnya pertumbuhan akan berjalan dengan baik. 

6. Sebagai Ladang Dakwah


Beraneka ragam seni bela diri kini tersedia hampir di seluruh daerah di Indonesia. Namun Tapak suci hadir dengan tampilan yang berbeda. Berpegang teguh pada pendirian "Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" Tapak Suci mampu membawa nama baik Muhammadiyah yang mampu berdakwah melalui seni bela diri ini. 

Berbagai gerakan yang ada pada seni bela diri tapak suci memberi makna yang khas yang berhubungan dengan agama islam. Seni bela diri tapak suci tidak mengajarkan untuk berbangga dan menyombongkan diri akan kemampuan yang dimiliki, namun justru menjadikan diri agar lebih mampu menghargai kemampuan orang lain. 

Ketika sudah terjun dalam seni bela diri tapak suci, maka secara tidak langsung ego yang ada pada diri akan turut terkontrol dan tersalurkan pada hal-hal yang positif. Karena selalu dibarengi dengan landasan utamanya, yakni berpedoman pada Al Qur'an dan Hadits. Salam tapak suci!
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Pentingnya Tapak Suci Bagi Tumbuh Kembang Anak"