Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar


Kelas yang gaduh merupakan pemandangan yang tidak asing lagi, terutama ketika berada di SD. Siswa yang ramai dan asik bermain dengan temannya tak mungkin dapat dielakkan. Suasana kelas yang nyaman memang biasanya terhindar dari keramaian dan juga kegaduhan, sehingga memungkinkan siswa menjadi konsentrasi dalam menerima materi yang diberikan oleh guru.

Sebagai guru, sangat penting untuk menguasai kelas. Karena dengan penguasaan kelas yang baik, maka kegiatan belajar mengajar akan menjadi lancar dan sesuai yang diharapkan. 

Teknik menguasai kelas sangat penting untuk dipelajari, terutama bagi guru pemula yang mengajar di tingkat SD. SIswa SD memiliki karakter yang berbeda-beda, meski tergolong anak-anak namun sangat sulit untuk membuat mereka fokus setiap kali belajar. 


1. Jangan Kaku


Mengajar di SD sebenarnya susah-susah gampang, karena pada dasarnya mengajar siswa SD sama dengan mendidik anak anak. Dimana setiap apa yang kita lakukan dan kita ucapkan akan direkam oleh daya ingat yang dimiliki anak.

Begitupun dengan cara kita bersikap. Jika guru SD sudah memberi batas yang jauh antara guru dan siswa, maka jangan harap kenyamanan yang akan dirasakan. Justru anak anak akan merasa takut hingga bosan ketika sedang belajar. 

Siswa SD dapat mudah belajar jika mereka berada dalam dunianya. Terlalu kaku dalam mengajar juga akan membuat siswa kehilangan fokus, sehingga siswa bisa saja membuat grup diskusi sendiri yang menyimpang dari pelajaran. 
Guru yang supel dan mudah masuk dalam dunia anak akan lebih mudah diterima oleh anak, jika dibandingkan dengan guru yang kaku ketika mengajar. 

2. Mengajar Secara Interaktif


Adanya komunikasi antara guru dan siswa dapat memperbesar kemungkinan materi tersampaikan dengan baik. Namun jika guru terus-terusan mengambil peran aktif tanpa melibatkan siswa, maka siswa juga akan jenuh bahkan hanya diam mematung tanpa memahami materi. 

3. Bersikap Sabar


Kunci dari segala keberhasilan salah satunya yaitu Sabar. Dalam menghadapi siswa SD seringkali guru dibuat emosi dan kurang sabar. Hal ini sering terjadi di banyak sekolah, terutama siswa dengan background yang nakal dan juga guru yang tempramental. 

Sabar memang tidak mudah dan tidak dapat diukur. Namun dengan sabar, keberkahan juga akan mengalir seiring apa yang telah kita lakukan. Sikap sabar tentu sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh guru, sehingga guru dapat lebih hati-hati dalam mengatasi kenakalan siswa. 

4. Ciptakan Kegiatan Belajar yang Unik


Bagi yang sering mengajar dengan model ceramah dan juga pemberian tugas saja, sebaiknya segera beralih pada pembelajaran yang unik. Siswa akan lebih antusias jika kegiatan belajar yang dilakukan menggunakan media-media yang menurut mereka unik dan menarik. 

Salah satunya, coba padukan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan memadukan salah satu teknologi, seperti proyektor, radio, tv, internet, dan benda lain yang mampu membuat guru menguasai kelas. 

5. Gunakan Closing Yang benar


Kegiatan penutup seringkali menjadi hal yang diabaikan oleh banyak siswa. DImana siswa hanya fokus pulang tanpa mengulas kembali apa yang telah dipelajari hari ini. 

Closing yang benar biasanya berisi tentang sebuah kesimpulan yang telah dipelajari hari ini. Tak hanya itu, biasakan membuat akhir kelas dengan kegiatan yang seru, misalnya berupa kuis. 

Itu tadi beberapa tips guru SD menguasai kelas ketika kegiatan belajar mengajar di SD. Selalu pantau kegiatan peserta didik, agar apa yang dilakukan bersifat positif dan tidak merugikan teman yang lainnya. 
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar"