Tips Agar Anak Rajin Sholat

Anak Rajin Sholat

Salah satu kewajiban orang tua yang tak dapat disepelekan yaitu mendidik anak. Semua yang dilakukan oleh anak akan menjadi tanggun jawab orang tua sebelum ia berusia baligh. Tanpa didikan dan arahan yang baik, maka anak sudah pasti memiliki akhlak yang bisa dibilang jauh dari yang telah diajarkan oleh rasulullah. 

Salah satu cara mendidik anak agar memiliki akhlakul karimah yakni dengan cara mengajarkan sholat. Sebagaimana yang telah ada pada al qur'an, bahwa sholat dapat mencegah perbuatan yang keji dan mungkar. Dari firman Allah tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa menanamkan akhlak yang baik dimulai dari membiasakan sholat. 

Selalu ajarkan kepada anak, bahwa sholat itu bukan sebuah rutinitas belaka, melainkan sebuah kewajiban atau kebutuhan seorang muslim yang harus ditunaikan tepat pada waktunya. 

Rasulullah juga telah bersabda, bahwa ketika anak sudah diajari untuk sholat namun enggan melaksanakan, maka tegur dengan kata-kata yang baik. Namun ketika masih sama, maka orang tua berhak untuk memukulnya sebagai pelajaran, bukan untuk menyakiti. 

Membiasakan anak untuk rajin sholat memang bukan perkara yang mudah, untuk itu, mari kita simak beberapa tips di bawah ini:

1. Berikan Contoh 

Anak lebih suka mencontoh daripada mendengarkan. Untuk itu, sebaiknya memberi contoh bukan hanya menyuruh. Sikap suka meniru yang dimiliki oleh anak dapat dipastikan akan melekat dan terbawa hingga ia dewasa. Tak terkecuali menirukan semua perilaku dan juga kebiasaan orang tuanya. 

2. Mulai Sejak Kecil

Kebiasaan yang baik dapat tumbuh melekat secara permanen jika dimulai sejak usia dini. Sebagaimana ungkapan pepatah, bahwa belajar di masa kecil bagaikan mengukir di atas batu. Apa yang dipelajari tidak akan mudah dilupakan oleh anak, salah satunya yaitu ketika membiasakan sholat sejak kecil. 

3. Ajarkan Sekilas Tentang Iman

Memahamkan anak tentang arti sebuah penghambaan kepada Tuhan dapat membuat ghiroh juang menegakkan agama menjadi lebih kuat. Dimana anak tidak hanya memahami sholat sebagai suatu ritual, melainkan sebuah hubungan secara langsung dengan Tuhannya. 

Beri pemahaman tentang betapa sayangnya Allah kepada kita, akan nikmat yang telah diberikan, serta cara Allah melindungi hamba yang beriman. Pemberian pengertian akan hal ini dapat menanamkan cinta yang begitu dalam kepada Allah di hati anak-anak. 

4. Kenalkan Sosok Rasulullah

Tak jarang anak-anak bertanya, kenapa sih harus sholat? terus kenapa harus lima waktu? siapa sih yang menyuruh sholat?. Pertanyaan tersebut akan terjawab ketika orang tua memperkenalkan sosok Rasulullah kepada anak. Jadikan rasulullah sebagai panutan dan idola anak. Sehingga anak akan memiliki cermin yang membuat mereka berakhlakul karimah. 

5. Selalu Ajak dan Libatkan

Pembiasaan yang baik tidak dapat tertanam hanya dengan satu hingga dua kali saja. Dibutuhkan waktu yang berkelanjutan agar anak dapat melakukan suatu perbuatan secara istiqomah, terutama sholat. Ketika adzan, alangkah baiknya jika orang tua mengajak anak untuk segera menunaikan sholat bersama sama. Dengan begitu secara tidak langsung akan membuat anak semakin sadar betapa pentingnya sholat tepat waktu. 

6. Beri Reward

Hal yang paling disukai anak ialah hadiah. Jadi ketika anak melakukan sebuah kebaikan sekecil apapun, beri ia sebuah penghargaan. Perlu diketahui, bahwa hadiah yang dapat diberikan tidak harus sesuatu yang mewah dan mahal. Bolehlah sesekali kita memberi mereka sebuah hadiah yang berharga sedikit mahal, namun jangan terbiasa memberi hadiah berupa barang mahal dan mewah karena dapat membuat anak menjadi anak yang manja. 

Senyuman, pujian serta hadiah sederhana dapat menjadi sebuah reward yang membuat anak menjadi termotivasi agar melakukan sholat tepat waktu sejak kecil. 

Sholat merupakan tiang agama, dan sholat juga menjadi hal utama yang akan dihisab pada hari kiamat nanti. Selalu tanamkan hal yang baik pada diri anak, agar kelak ia dapat menjadi pribadi yang memiliki akhlaq seperti Rasulullah. Jangan lupa, bahwa kebiasaan baik dimulai dari hal yang baik. Ayo sholat!

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Tips Agar Anak Rajin Sholat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel