Anak Suka Melawan Orang Tua? Kenali Beberapa Penyebabnya!


Pendidikan karakter menjadi salah satu acuan yang harus digalakkan pada era saat ini. Dimana anak-anak Indonesia mengalami krisis karakter dan moral. Sehingga tidak jarang anak-anak lebih berani melawan orang tuanya. 

Agar tidak salah langkah dalam menyikapi kelakuan anak yang tidak terpuji ini, mari kita pahami terlebih dahulu penyebab anak membantah orang tua pada uraian berikut:

1. Komunikasi yang kurang tepat

Salah satu penyebab anak melawan orang tua adalah komunikasi yang kurang tepat. Saat orangtua berkomunikasi dengan anak remajanya, kadang berakhir dengan pertengkaran. Salah satu kesalahan yang sering muncul biasanya terletak pada intonasi atau nada suara beserta pemilihan kata yang salah

2. Orangtua selalu mengkritik

Saran atau kritik terhadap sikap anak memang baik, sejauh itu disampaikan dengan bijak. Jangan hanya mengungkapkan hal negatif tentang anak. Komunikasi yang hanya berisikan kritikan atau suruhan saja, menjadikan anak selalu merasa disalahkan oleh orang tuanya. Akibatnya anak melawan untuk membantah kritikan orangtuanya.

3. Orangtua tidak memahami pembicaraan anak

Kadang, perbedaan generasi antara anak dan orangtua menyebabkan perbedaan komunikasi, yang mengakibatkan kesalahpahaman dan membuat anak melawan orangtuanya. Tidak jarang anak merasa kecewa terhadap jawaban atas pertanyaan yang anak ucapkan. Orang tua cenderung fokus dengan urusan pribadi yang membuat anak semakin tidak nyaman. .

4. Orang Tua Selalu Menang

Salah satu penyebab anak sering melawan yakni sikap orang tua yang  memaksa anak untuk menuruti semua keinginan mereka tanpa memperhatikan keadaan dan kemampuan sang anak, akan membuat anak berontak. Sikap orang tua selalu menang biasanya didasari oleh sesuatu yang ada pada anak tanpa meneliti terlebih dahulu kondisi anak. Bahkan mereka juga berpikir bahwa cara tegas dan keras ini dapat berhasil dalam membimbing dan mendidik anak. Jangan pernah memaksakan kehendak terhadap anak, karena semakin anak tersebut merasa tertekan maka ia akan berontak dan melawan. 

5. Keinginan anak 

Sudah menjadi sebuah hal yang wajar jika memiliki anak dengan sejuta keinginan yang meminta untuk segera dituruti. Keinginan yang tidak dapat dipenuhi oleh orang tuanya itulah yang kemudian menjadi penyebab seorang anak melawan kepada orang tuanya.

6. Pengaruh lingkungan

Pengaruh lingkungan juga turut  andil dalam menyebabkan anak melawan orangtua. Hal ini biasanya berkaitan dengan tempat-tempat pergaulan anak setiap harinya, entah lingkungan sekolah ataupun rumah. Lingkungan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap karakter yang dimiliki oleh anak, terutama pada tingkah laku. Anak menjadi mesin fotocopy bahkan perekam suara yang dapat tersimpan otomatis memori si kecil. 

7. Anak yang terlalu dimanja

Anak yang selalu dimanjakan orangtua, selalu dipenuhi kebutuhan dan keinginannya akan tumbuh menjadi anak yang rapuh.  Jika keinginannya belum terpebuhi, maka akan terjadi sebuah perlawaban yang luar biasa. Perlawanan ini merupakan sebuah bentuk protes sang anak kepada orang tuanya yang tidak mampu memenuhi keinginannya seperti biasanya.

8. Mencontoh orang tua

Ingat ya moms, orangtua ada rule models bagi anaknya. Apa yang dilakukan orangtua akan dicontoh oleh anak. Seperti halnya ketika anak melihat orang tuanya yang sering bertengkar atau bersikap keras kepala. Kondisi itu sewaktu-waktu dapat ditiru dan anak pun terdorong untuk melawan orang tuanya sendiri.

9. Anak tumbuh tanpa bimbingan

Orangtua yang terlalu sibuk kadang lupa membimbing dan memperhatikan anaknya. Anak hanya dibekali dengan materi semata. Kurangnya perhatian, bimbingan, dan didikan inilah yang  menjadikan anak kurang mendapat pelajaran sopan santun dan sikap baik lainnya, termasuk pelajaran mengenai tidak patutnya melawan orang tua. Sehingga mereka cenderung tumbuh menjadi pribadi egois dan suka melawan orangtua.

10. Hubungan yang tidak harmonis

Penyebab selanjutnya ialah hubungan yang kurang harmonis. Hubungan tidak harmonis ini biasanya menjadikan ikatan kasih sayang dan pengertian antara anak dan orang tuanya berkurang.


Nah, Bagaimana bunda?  Jangan terpancing berkata-kata atau bersikap kasar, menghadapi anak yang melawan. Hadapi dia dengan tenang. Jika emosinya telah reda, dekati dia dan peluklah. Kemudian ajak dia membicarakan masalahnya baik-baik.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Anak Suka Melawan Orang Tua? Kenali Beberapa Penyebabnya!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel