Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral Anak


Orang tua memang sepenuhnya memegang kendali pada anak. Dan apapun yang dilakukan oleh anak sudah pasti menjadi tanggung jawab orang tua. Anak yang memiliki moral yang baik tentunya menjadi sebuah tujuan akan pendidikan yang telah dilakukan orang tua terhadap anak. 

Banyak orang tua menganggap bahwa pendidikan anaknya sepenuhnya tanggungjawab guru di sekolah. Namun pada kenyataannya waktu yang dimili anak-anak ternyata lebih banyak di rumah daripada di sekolah. Hal ini membuat beberapa orang tua harus mampu memahami tentang makna pendidikan sesungguhnya, bahwa pendidikan pada anak tidak hanya seputar ilmu pengetahuan akademik saja. Melainkan pendidikan moral yang telah ditanamkan oleh orang tua sejak dini. 

Berikut beberapa uraian tentang peran penting orang tua dalam mengembangkan moral anak:

1. Pengendali Utama

Orang tua wajib dipatuhi oleh anak. Artinya apa yang menjadi keputusan, arahan dan perintah orang tua harus diterima dengan baik oleh anak. Anak juga tidak boleh merasa paling benar di hadapan orang tua. 

Sebagaimana tuntunan dalam beragama, bahwa surga anak berada di telapak kaki orang tua dan juga ridho Tuhan ada pada ridho orang tua. Ketika orang tua sudah merasa menyerah karena tidak mampu mendidik anak, maka jangan menyalahkan siapapun jika anak menjadi makin tidak tertata. 

2. Menentukan Keberhasilan

Apa yang kita lakukan sekarang akan menjamin apa yang terjadi di kehidupan kita di masa yang akan datang. Begitupun juga akan pendidikan moral yang selama ini sudah ayah dan bunda ajarkan pada anak. 

Anak yang selalu dibiasakan dengan hal-hal yang baik anak terbawa hingga dewasa untuk melakaukan kegiatan yang baik-baik pula. Orang tua yang paham akan arti pendidikan moral tentunya akan mengaplikasikan pada diri anak dengan sebaik-baiknya pula. 

3. Figur yang Dapat Dicontoh

Orang tua seringkali dijadikan bayangan oleh anak. Banyak orang menggunakan pribahasa "Buaj jatuh tidak jauh dari pohonnya". Artinya segala sikap dan juga tingkah laku anak tidak akan berbeda jauh dengan sikap, tingkah laku dan karakter orang tuanya. 

Didikan orang tua memiliki peran yang luar biasa hebatnya akan perkembangan anak. Hasil didikan orang tua kandung jika dibandingkan dengan didikan kakek dan nenek sangat berbeda jauh. Anak akan lebih tertata dan terarah jika dididik oleh orang tuanya. 

Mengingat beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan moral yang dilakukan orang tua kepada anak sangatlah penting. Maka dari itu, semaksimal mungkin tetap dampingi dan pantau segala aktifitas yang dilakukan anak. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel