Tips Tetap Berprestasi Meski Sekolah Online

Sekolah online merupakan suatu realita yang kini sedang berjalan mengisi dunia pendidikan saat ini. Kebijakan sekolah online memang menuangkan pro dan kontra yang kini tengah dirasa oleh beberapa pemeran utama, yakni siswa, orang tua, dan juga guru. 

Guru dan siswa merasa terbatasi dengan adanya sekolah online ini. Interaksi antara keduanya tak lagi dapat berjalan dengan baik. Sekolah online menuntut beberapa pihak tersebut agar memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti hp, laptop, paket internet, dan pendamping belajar. 

Banyak sekali keluhan yang disampaikan oleh hampir seluruh wali murid (Orang Tua) terutama yang memiliki anak usia SD. Diantara masalah yang dikeluhkan oleh wali murid tersebut yakni mengenai prestasi anak-anak yang turun. Kurang efektifnya pembelajaran melalui daring membuat orang tua khawatir akan kemampuan anak-anaknya dalam memahami pelajaran. 

Agar beberapa kemungkinan turunnya prestasi tersebut dapat diatasi, berikut beberapa tips agar anak tetap berprestasi meski sekolah online:

1. Ciptakan Suasana Belajar

Sekolah online di rumah memang memiliki suasana yang berbeda jika dibandingkan sekolah normal pada umumnya. Suasana belajar meski secara sekolah online dapat diciptakan dengan baik dan senyaman mungkin sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan oleh anak. 

Suasana belajar dapat diciptakan dengan mengondisikan anak sebagaimana belajar di sekolah. Usahakan anak tetap mandi pagi, agar tubuhnya fresh dan siap menghadapi belajar melalui sekolah online. 

2. Maksimalkan Penggunaan Waktu

waktu belajar sekolah online tidak seperti waktu sekolah normal. Ketika anak sedang belajar, tugas orang tua yaitu mengawasi, dan juga mendampingi. Waktu yang tidak lama tersebut sebaiknya digunakan dengan maksimal. Dimana ada bimbingan dari guru secara online. 

Tugas-tugas yang diberikan oleh guru sebaiknya dikerjakan saat jam belajar tersebut. Karena untuk mencapai sebuah prestasi juga melalui kedisiplinan mengumpulkan tugas. 

3. Serius 

Sekolah online bukan berarti libur. Artinya meski kegiatan belajar dilaksanakan di rumah, orang tua wajib mengingatkan pada anak agar tetap bersikap sebagaimana di sekolah pada saat normal. 

Nabi pernah bersabda, barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil. Kata-kata tersebut jika diajarkan pada anak dapat memberi dampak yang luar biasa bagi diri anak. Anak semakin rajin dan serius saat jam belajar sekolah online. 

4. Jangan Segan Bertanya

Sekolah online memang memangkas interaksi siswa dan guru secara langsung, namun siswa masih memiliki hak penuh untuk bertanya kepada guru tentang apa yang belum ia pahami saat belajar. 

Bertanya bukan berarti menunjukkan sebuah kebodohan, dengan bertanya justru anak menjadi semakin paham akan apa yang dipelajarinya. 

5. Kerjakan Latihan Soal Online

Pada saat belajar melalui sekolah online, yang dapat dilakukan setelahnya yaitu berlatih melalui beberapa soal-soal online yang diakases melalui internet. Bimbingan ayah dan ibu tentunya akan membuat anak menjadi semakin terarah dan bersemangat dalam belajar. 

Belajar saat sekolah online seharusnya membuat siswa dan pihak terkait lainnya menjadi semakin haus ilmu, sebab dapat mengakses segala yang dicari melalui internet. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Tetap Berprestasi Meski Sekolah Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel