Ketahui Alasan Anak Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

ketahui alasan anak kecanduan gadget dan cara mengatasinya


Teknologi yang semakin canggih saat ini membuat semua orang tua menjadi kehilangan anaknya. Bukan kehilangan secara fisik, namun kehilangan sebuah 'sosok'. Biasanya anak jika dipanggil selalu pergi ke sumber suara. Namun tidak untuk saat ini, meski anak dipanggil orang tua berkali-kali sudah pasti sangat sulit untuk segera menemui orang tua. 

Ini tidak lain disebabkan oleh salah satu dampak negatif gadget. Pengaruh buruk gadget ini seakan merubah gaya hidup anak, dimana anak seharusnya belajar dan bermain bersama teman-temannya kini mereka hanya duduk sembari fokus pada gadget yang ada di genggamannya. 

Banyak orang tua yang mengeluhkan hal ini kepada guru yang menjadi panutan anak. Orang tua berharap, apabila guru yang bertindak tegas melarang penggunaan gadget secara berlebihan, maka anak akan menurut. Dan benar memang, banyak anak yang merasa jerah dengan berbagai sanksi yang diberikan guru. Namun itu tidak berlangsung lama, karena sifat dari dalam diri anak yang memang susah dipisahkan dari gadget. 

Berdasarkan sebuah pengamatan yang dilakukan oleh salah seorang guru di daerah Gresik, Jawa Timur terdapat beberapa alasan mengapa anak suka bermain gadget hingga lupa waktu. Berikut alasannya:

1. Game yang Menarik

Urutan pertama alasan anak lebih memilih gadget ialah karena di dalam gadget tersebut terdapat game yang menarik. Game tersebut memang tampil dengan varian keseruan yang diberikan. Salah satu game yang digemari oleh anak-anak dan paling viral yaitu game online. 

2. Konten Pembuat Video

Dampak negatif gadget tidak hanya melalui game online saja, ada banyak aplikasi lainnya yang dapat merusak karakter anak seperti aplikasi konten video. Dimana anak dapat membuat video berupa perpaduan menarik, menyanyi, dan tulisan. 

3. Dapat Komunikasi dengan Orang Baru

Melalui media sosial yang digunakan oleh anak-anak seperti youtube, twitter, instagram, dan lainnya dapat membuat anak berkomunikasi jarak jauh dengan teman-temannya. Mereka biasa chatting, video call, dan juga pesan suara melalui media sosisal tersebut. 

4. Melihat Artis Favorit

Seperti yang telah terjadi akhir-akhir ini, bahwa gadget yang dimiliki anak sudah pasti terpasang foto-foto idola mereka, seperti k-pop, artis sosmed, dan artis yang tengah viral saat ini. Hal ini tentunya mempengaruhi tumbuh kembang serta karakter yang dimiliki oleh anak. 

Menurut beberapa alasan anak lebih suka gadget daripada permaianan lainnya, sudah menjadi kewajiban orang tua dan juga guru agar berperan serta mengatasi masalah anak yang kecanduan gadget. 

Perlu cara khusus untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Mari simak pada uraian berikut:

1. Batasi Penggunaan

Anak seringkali lupa waktu ketika bermain gadget. Dampak yang terjadi akibat kecanduan gadget ini anak melupakan beberapa kegiatan penting yang wajib dilakukan, seperti belajar, makan, mandi dan juga mengaji. 

2. Jangan Memberi Kesempatan Penuh

Membatasi anak bermain gadget bukan berarti tidak sayang pada anak. Namun justru karena orang tua menyayangi anak, maka orang tua berkewajiban untuk tidak menggunakan gadget secara penuh. Anda selaku orang tua berhak untuk memberi sebuah ultimatum tentang batas pengoperasian gadget. 

3. Beri Contoh

Dampak negatif anak kecanduan gadget dapat diminimalisir dengan memberikan contoh nyata. Caranya yaitu dengan menunjukkan aktivitas anda yang terbebas dari gadget. Jika anda menginginkan anak anda untuk mengurangi penggunaan gadget, maka sudah seharusnya anda juga mengurangi penggunaannya. 

4. Ajarkan Mengontrol Diri

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget ialah dengan cara mengajarkan anak untuk mengontrol diri. Anda dapat memberi sebuah pemahaman agar anak tidak merasa resah ketika jauh dari gadget. 

5. Tetapkan Wilayah Khusus

Di rumah anda dapat menetapkan wilayah-wilayah khusus sebagai tempat untuk menggunakan gadget. Anda dapat memberi sebuah penegasan tentang tempat-tempat di rumah yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk mengoperasikan gadget. Tempat yang tidak boleh digunakan untuk mengoperasikan gadget misalnya di kamar, meja makan, toilet, dapur, dan lainnya. 

Kecanduan gadget sepertinya dapat diatasi apabila orang tua memantau keadaan anak secara berkelanjutan. Apabila anda memang merasa kesulitan untuk mengontrol anak, ada baiknya jika mengonsultasikan kepada beberapa orang yang dipahami anak anda, misalnya gurunya di sekolah, kakek atau nenek, atau famili lain yang dapat memberi pengertian dan sekiranya diikuti. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Alasan Anak Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel