Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Agar Anak Rajin Belajar


Di era globalisasi seperti saat ini semua orang dituntut dapat saling bersaing untuk bisa memberikan yang terbaik dan tentunya untuk bertahan. Untuk itu para orang tua berharap dan menuntut anak-anaknya dapat bersaing di dunia yang makin canggih ini. 

Tuntutan para orang tua tersebut kepada anak-anaknya memang hal yang wajar, karena mereka menginginkan kelak anak-anak mereka hidupnya akan jauh lebih baik daripada mereka. 

Untuk itu mereka menyekolahkan dan memasukkan anak-anak mereka ke tempat bimbingan belajar untuk les beraneka bidang ilmu, mulai dari les pelajaran, musik, menari, bernyanyi dan sebagainya. Namun, tidak semua anak senang dengan belajar. Untuk itu perlu kita ketahui bagaimana cara membuat anak rajin belajar.

Sebaiknya lakukan tips berikut agar anak rajin belajar:

1. Beri Pemahaman

Cara pertama yang dapat dilakukan agar anak rajin belajar adalah dengan memberi pengertian bahwa belajar itu merupakan sebuah kewajiban yang dimilikinya. Jangan lupa juga untuk mengemukakan dampak apabila tidak belajar.

Hal tersebut dapat membuat anak merasa memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Memberi pemahaman tidak dapat dilakukan sekali dua kali, namun sesering mungkin. 

2. Beri Hadiah

Kedua, mungkin Anda dapat mencoba dengan mengiming-imingkannya dengan hadiah atau imbalan. Misalnya, jika mereka mau rajin belajar dan meningkatkan prestasinya, Anda dapat memberikan hadiah apapun yang mereka inginkan. 

Namun, hadiah dan imbalan tersebut harus Anda batasi, jika tidak, bisa-bisa anak Anda akan minta di luar batas kemampuan Anda, nanti Anda sendiri yang repot bukan? 

3. Bersikap Tegas

Cara lainnya, Anda bisa dengan sedikit agak tegas menyuruh anak Anda untuk rajin belajar. Cara keras di sini buka berarti dengan menggunakan kekerasan dalam bentuk fisik atau lisan. 

Keras dalam artian agak tegas. Misalnya dengan membanding-bandingkannya dengan anak tetangga atau teman Anda. Bisa juga dengan mengancamnya akan mengurangi jatah uang sakunya jika anak Anda tidak mau juga rajin belajar. 

Selain itu Anda juga bisa minta tolong kepada teman anak Anda yang rajin belajar untuk mengajak anak Anda belajar bersama.

Lalu, bagaimana cara membuat anak rajin belajar jika cara-cara di atas tidak berhasil? Mungkin Anda bisa berkonsultasi ke psikolog atau berkonsultasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dan ahli dalam menangani kasus seperti demikian. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan bermanfaat. Karena anak-anak adalah aset terbesar dalam keluarga dan negara ini, jadi kita harus membentuk dirinya sejak dini.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Agar Anak Rajin Belajar"