3 Media Pembelajaran Online yang Paling Sering Digunakan

3 Media Pembelajaran Online yang Paling Sering Digunakan


Era digital menuntut semua pengguna untuk semakin maksimal dalam menggunakan perangkat elektronik. Tak terkecuali bagi pemeran utama di dunia pendidikan. Tuntutan untuk lebih kreatif lagi dalam mengajar membuat para guru mencari dan juga menggali banyak informasi untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran secara daring. 

Kegiatan belajar secara daring dapat dilakukan dengan banyak cara. Tinggal mengoptimalkan kemampuan anda saja untuk menggunakan dan menjalankan berbagai cara tersebut. Kreatifitas dan juga kemampuan dalam mengoperasikan alat eletronik seperti hp dan laptop menjadi modal utama dalam membuat dan mendesain pembelajaran secara daring. 

Nah, agar lebih jelas apa saja yang termasuk 3 media dalam pembelajaran online yang paling sering digunakan, silahkan simak penjelasan berikut:

3 media dalam pembelajaran online yang paling sering digunakan

1. Classroom

Tempat belajar secara online yang satu ini merupakan layanan yang diberikan oleh google. Pada google classroom memungkinkan siswa dan guru untuk belajar dengan efektif. Dimana guru dapat berdiskusi atau saling tukar pendapat dengan siswa. Google classroom memungkinkan siswa untuk membentuk kelompok belajar di dalamnya, sehingga tetap terjalin komunikasi antar siswa. 

2. Google Form

Cara yang kedua yaitu belajar menggunakan aplikasi google form. Pada saat ini para guru lebih memaksimalkan fungsi google chroome untuk evaluasi kegiatan pembelajaran melalui penugasan dalam soal-soal. 

Paada google form guru selaku pembuat dapat membatasi pengguna untuk merespon jawaban, sehingga tidak terjadi siswa mengerjakan soal sebanyak dua kali. Namun google form juga memiliki kekurangan, dimana salah satunya yaitu siswa tidak bisa berinteraksi langsung dengan guru. 

3. Zoom Meeting

Kegiatan belajar online selanjutnya ialah menggunakan zoom meeting. Cara ini hampir mirip dengan video call, hanya saja mampu menampung siswa dengan kapasitas yang lebih, yakni sekitar ratusan. 

Guru juga dapat berinteraksi dengan siswa secara langsung, dalam artian siswa dapat melihat guru dan teman-temannya dalam video tersebut. 

Berdasarkan dari uraian 3 media pembelajaran online di atas, maka muncullah beberapa karakter yang harus dimiliki guru agar dapat menyampaikan pembelajaran secara optimal, berikut ulasannya:

3 Karakter yang Harus Dimiliki Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Online

1. Kreatif

Sebagaimana yang telah dijabarkan di atas, bahwa kegiatan belajar secara online sudah pasti menuntut kreatifitas yang anda miliki. Jika anda tipe orang yang memiliki kreatifitas yang tinggi, sudah pasti ini menjadi hal yang remeh untuk dilakukan. 

2. Inovatif

Kemampuan memberi sebuah inovasi baru diharapkan dapat muncul pada diri anda sebagai guru. Inovasi yang tinggi sudah jelas dapat melahirkan generasi yang berbakat dan berakhlaq.

3. Kritis

Karakter selanjutnya yang diharapkan ada pada guru ialah kritis. Kemampuan berpikir kritis sudah pasti sangat dibutuhkan ketika mengajar, terutama ketika mengalami beberapa masalah. Diantara masalah yang mengharuskan berpikir kritis yaitu kemampuan rata-rata siswa, keadaan ekonomi orang tua, sarana dan prasarana yang dimiliki siswa. 

Guru harus mampu mencari cara lain jika tidak memungkinkan menggunakan cara pertama. Sebagai salah satu contoh, Pak Agus mengalami kendala karena banyak siswanya yang tidak memiliki handphone, sehingga susah bahkan tidak mungkin melakukan pembelajaran daring. Maka Pak Agus tetap harus memiliki cara yang efektif demi terselenggaranya kegiatan belajar. 

Itu tadi 3 media yang paling sering digunakan untuk pembelajaran daring beserta karakter yang harus dimiliki oleh guru untuk menyampaikannya. Agar anda menjadi guru yang sangat kompeten, sebaiknya rubah diri anda menjadi anda yang luar biasa. Dimana kehadiran anda selalu dirindukan oleh siswa anda. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "3 Media Pembelajaran Online yang Paling Sering Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel