Iklan 1

3 Faktor yang Dapat Menambah Kecerdasan Anak

3 Faktor yang Dapat Menambah Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang cerdas memang sebuah kebanggan tersendiri bagi orang tua. Terlebih lagi ketika kecerdasan tersebut memberi prestasi tersendiri bagi anak. Kecerdasan yang dimiliki oleh anak dapat berkembang dalam bidang yang memang disukai, seperti pada aspek kognitif, psikomotor, ataupun afektif yang dimiliki.

Ketiga ranah tersebut sebenarnya menjadi hal atau pusat tujuan dalam kegiatan belajar yang dilakukan oleh anak. Ketiga aspek tersebut dapat saling berkesinambungan antara satu aspek dengan aspek yang lainnya. 

Kecerdasan anak memang dipengaruhi oleh faktor genetik dan juga faktor eksternal. faktor genetik memang tidak dapat dirubah, namun sebagai orang tua anda dapat mengontrol kecerdasan anak melalui faktor eksternal seperti lingkungan, nutrisi dan juga pola asuh. 

Berikut uraian dari 3 faktor menambah kecerdasan anak yang dapat dilakukan di rumah:

1. Lingkungan

Cara pertama yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak yaitu menempatkan anak pada lingkungan yang mendukung. Anak yang berada di lingkungan orang yang berpendidikan dapat membuatnya menjadi anak yang juga cerdas dan paham akan apa itu sebuah pendidikan. Namun anak yang berada di lingkungan sedikit keras, maka dia juga akan tercetak menjadi anak yang keras juga. 

2. Nutrisi

Peran yang mempengaruhi kecerdasan anak ialah nutrisi. Tahukanh anda bahwa apa yang dikonsumsi anak juga menjadi hal yang dapat mempengarui kecerdasannya? Hal ini telah dibuktikan oleh peneliti bahwa anak yang memiliki asupan nutrisi yang cukup akan lebih cerdas dibandingkan anak yang kekurangan nutrisi.

Cara kerja otak bagaimanapun juga dipengaruhi oleh asam folat, kalsium, omega 3, zat besi, kolin, dan juga vitamin. Nutrisi tersebut bisa didapatkan melalui ikan, dan juga makanan lainnya yang mengandung protein tinggi. 

3. Pola Asuh

Cara menambah kecerdasan anak selanjutnya yaitu dengan menerapkan pola asuh yang tepat. Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi orang tua untuk mendidik dan mengasuh anaknya dengan tangan sendiri. Anak yang diasuh oleh ibu dengan anak yang diasuh oleh neneknya, yang paling memiliki karakter kuat dan terarah adalah anak yang diasuh oleh ibunya. 

Pola asuh yang diberikan oleh nenek seringkali kurang efektif dikarenakan pada umumnya nenek sering memanjakannya. Meski anak anda melakukan kesalahan, maka sang nenek akan membenarkannya. Berbeda ketika ibu yang mendidik anak ketika anak melakukan sebuah kesalahan maka ibu akan menegurnya dan meminta pertanggung jawaban dari anak. 

Itu tadi 3 cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak yang dapat anda terapkan di rumah. Terapkan mulai dari sekarang, agar anak anda menjadi anak yang cerdas dalam segala bidang.   

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "3 Faktor yang Dapat Menambah Kecerdasan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel