4 Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak

4 Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak


Kebiasaan membaca memang merupakan suatu yang saat ini kurang diminati oleh anak-anak. Jangankan untuk membaca, menyentuh buku saja jarang dilakukan di rumah. Hal inilah yang nantinya membuat generasi bangsa semakin menurun dari waktu ke waktu. 

Kebiasaan membaca harus digalakkan lagi agar generasi muda bisa bangkit dan kembali berjaya mengharumkan bangsa. Perlu diketahui, bahwa membaca merupakan jendela dunia. Dengan membaca semua informasi dapat diketahui dan juga dipelajari. Dengan minat baca yang minim, tentunya akan sangat sulit untuk menerapkan kebiasaan membaca. 

Sebelum mengetahui cara menumbuhkan minat baca pada anak, mari simak beberapa hal yang dapat mengganggu minat baca anak:

4 Hal yang menurunkan minat baca anak

1. Gadget

Menurut hasil survei yang dilakukan kepada wali murid, penyebab utama anak malas membaca yaitu karena gadget. Di zaman yang serba canggih ini, gadget membuat anak-anak lupa diri hingga melupakan tugas utamanya sebagai pelajar. 

Sungguh merupakan kesalahan besar, jika anak sejak kecil sudah dikenalkan dengan gadget. Memperkenalkan gadget kepada anak sebaiknya boleh-boleh saja, asalkan ada pemantauan dan pembatasan penggunaan. 

2. Minim Koleksi Buku

Anak-anak sudah pasti lebih suka dengan buku bacaan yang seru dan menarik. Biasanya buku bacaan yang sering dibaca oleh anak-anak adalah buku cerita dan juga komik. Anda selaku orang tua diharapkan mampu memfasilitasi anak sesuai dengan kemampuan. 

3. Tuntutan

Rata-rata orang tua menggunakan jurus andalan ketika anak malas membaca. Orang tua biasanya suka membanding-bandingkan anak dengan teman sebaya mereka. Apalagi jika orang tua langsung menuntut agar anak lebih sering membaca, padahal pada saat itu anak sedang asik-asiknya bermain. 

4. Kurangnya Motivasi

Turunnya minat baca anak juga dipengaruhi oleh motivasi dari orang sekitar. Padahal yang paling berperan disini adalah orang tua. Memang tidak semua orang tua memiliki latar belakang pendidikan yang bagus, namun sudah menjadi kewajiban untuk membuat anak menjadi anak yang cerdas. 

Nah, setelah anda membaca tentang penyebab turunnya minat baca pada anak, sekarang mari simak ulasan tentang cara meningkatkan minat baca pada anak:

4 Cara meningkatkan minat baca pada anak

1. Sentuh Hatinya

Orang tua yang hebat bukanlah orang tua yang melihat anak-anaknya sukses. Namun orang tua yang hebat adalah orang tua yang mampu mengendalikan hati anaknya. Ketika anak sedang tidak ingin membaca, yang sebaiknya anda lakukan bukanlah marah namun menyentuh hatinya. 

Ketika hati anak anda sudah terkunci oleh kata-kata halus dari anda selaku orang tua, maka anak secara tidak langsung sudah pasti patuh dan menjalankan semua keinginan anda.  

2. Ajak Ke Toko Buku

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca pada anak ialah dengan mengajaknya ke toko buku. Di sini anak anda akan melihat berbagai macam buku bacaan, mulai dari yang berwarna, bergambar, hingga buku bacaan untuk sekolah dan perguaruan. 

Sebaiknya ajak anak anda untuk mencari buku yang sesuai dengan karakter anak-anak. Hal ini akan memudahkan anak masuk ke dalam dunianya. 

3. Batasi Gadget

cara berikutnya yaitu batasi penggunaan gadget pada anak. Apabila anak biasa bermain gadget 5 jam dalam sehari, untuk saat ini coba agar anak bermain gadget kurang dari waktu tersebut. Sekali-kali jangan langsung pisahkan anak dari gadget, karena bagaimanapun juga anak membutuhkan proses adaptasi yang tidak instan. 

4. Beri Semangat

Cara terakhir yang dapat anda coba ialah dengan memberi semangat. Selalu dampingi anak anda ketika belajar terutama saat membaca. Bisiki dengan beragam motivasi tentang tokoh-tokoh yang sukses karena rajin membaca. 

Kebijakan menteri pendidikan dapat berubah-ubah menyesuaikan keadaan anak bangsa. Untuk saat ini anak bangsa memang sedang malas-malasnya membaca, sehingga muncul sebuah kebijakan tentang literasi, yang mewajibkan semua anak untuk suka baca. Salam literasi!

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel