4 Faktor Penyebab Anak Kurang Ceria dan Cara Mengatasinya

4 Faktor Penyebab Anak Kurang Ceria dan Cara Mengatasinya

Sudah merupakan kebahagiaan tersendiri memiliki anak yang periang dan juga menggemaskan. Apalagi di usia sekolah dasar. Pada masa usia sekolah dasar tak jarang anak menjadi pendiam dan juga tidak mudah bergaul dengan temannya. 

Anak yang pendiam dan juga cenderung kurang tersenyum atau tidak ceria dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Keadaan keluarga

Hal paling utama yang menjadi faktor penyebab anak kurang ceria dan kurang tersenyum adalah karena keadaan keluarga yang kurang harmonis. Keluarga yang sering bertengkar antara satu sama lain dapat memicu anak menjadi sering murung dan susah untuk ceria.

Keluarga yang harmonis merupakan keluarga yang dapat membuat orang terkait menjadi riang, bagaimanapun keadaannya. Tidak pernah ada yang disembunyikan antara satu sama lain, termasuk keadaan psikologi anak. Orang tua yang sadar betul akan perannya mampu membuat anak menjadi riang bagaimanapun cara yang dilakukan oleh orang tua tersebut.

2. Komunikasi yang Kurang

Komunikasi merupakan faktor kedua yang dapat menjadi penentu keceriaan anak. Komunikasi yang baik di dalam keluarga antara ibu, ayah dan juga anak dapat membuat anak nampak lebih ceria. Anak akan merasa bahwa keadaannya tidak sendiri, melaikan mempunyai orang tua dan keluarga yang dapat diajak berbagi. 

Komunikasi yang baik selain membuat anak menjadi ceria juga dapat membuat anak menjadi lebih terbuka dan bisa menyesuaikan diri dengan baik. Anak yang terbuka tentunya akan lebih mudah dalam menyampaikan segala kondisi hatinya dan apa yang dia rasakan.  

3. Ruang Gerak yang Terbatas

Anak yang tidak ceria juga dapat disebabkan karena ruang gerak anak yang terbatas. Anak yang sering dilarang untuk bermain ke luar rumah sudah pasti mudah merasa sedih dan cenderung menjadi pendiam. 

Kurangnya sosialisasi dengan teman sebayanya membuat anak menjadi lebih pendiam karena minim sekali kesempatan untuk bersosialisasi dengan temannya. Ketika anak akan bermain dengan teman sebayanya di rumah, alangkah baiknya jika anda selaku orang tua membiarkannya bermain. Jangan sampai kekhawatiran anda saat anak bermain menjadi tembok besar yang membuat anak menjadi tidak ceria. 

4. Faktor Intern Anak

Faktor selanjutnya yang membuat anak tidak ceria ialah faktor intern yang berada di dalam diri anak. Hal ini juga bisa disebut dengan karakter. Pada diri anak memang dapat dijadikan sebagai tolak ukur sebuah karakter yang nantinya dapat berkembang.

Penanaman karakter yang baik akan menjadi bekal anak mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Anak yang ceria merupakan anak yang selalu menebarkan aura-aura positif yang ada pada dirinya pada orang di sekitarnya. Pola asuh dan asah yang baik dari orang tua juga dapat memberi karakter yang baik sehingga andak menjadi anak yang ceria. 

Itulah 4 hal yang membuat anak kurang ceria dan cara mengatasinya. Bagi anda para orang tua sebaiknya selalu mengamati tumbuh kembang anak. Usahakan agar anak selalu dalam pengawasan anak. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Faktor Penyebab Anak Kurang Ceria dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel