4 Faktor yang Dapat Merusak Mental Anak

4 Faktor yang Dapat Merusak Mental Anak

Perkembangan mental anak sebaiknya ditunjang dengan hal-hal positif yang dapat membuat anak semakin berjaya. Sudah menjadi tugas orang tua untuk terus memantau dan mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki oleh anak. 

Beberapa orang tua yang sadar akan kemampuan anak sudah pasti akan memberi motivasi yang bagus untuk meningkatkannya. Namun sebaiknya anda sebagai orang tua menjauhi hal hal berikut agar mental anak tidak rusak. 

Untuk itu, mari simak 4 faktor yang dapat merusak mental anak:

1. Menyalahkan Anak Ketika Gagal

Faktor pertama yang dapat merusak kesehatan mental anak yaitu karena sering menyalahkan anak ketika mengalami sebuah kegagalan. Beberapa orang tua ada yang tidak mau berkompromi dengan kegagalan yang dimiliki oleh anak. Orang tua tersebut menyalahkan anak dengan cara membandingkan kemampuan anak dengan kemampuan anak lainnya. 

Ungkapan membandingkan anak dengan yang lain dapat memberi dampak yang tidak baik bagi keduanya. Anak yang merasa pandai dapat besar kepala, sedangkan anak yang tidak mampu sudah pasti memiliki mental yang kerdil. 

2. Kurang Mengapresiasi Prestasi Anak

Faktor yang kedua yaitu kurangnya apresiasi dari orang tua terhadap sebuah prestasi yang diraih oleh anak. Mereka akan merasa usahanya menjadi sia-sia karena tiada penghargaan dari kedua orang tuanya. 

Sehingga penting bagi orang tua untuk memberikan apresiasi pada anak atas apa yang telah dicapai. Sebuah apresiasi tidak harus berupa barang yang mewah, namun hanya dalam sebuah pujian, ciuman, dan juga kasih sayang sudah membuat anak merasa dihargai dan disayangi. 

3. Merendahkan Anak

Faktor selanjutnya yang dapat merusak mental anak ialah dengan merendahkan diri anak. Perkataan yang diucapkan oleh orang tua baik sengaja ataupun tidak sengaja dapat merendahkan pribadi anak. 

Rasa ketakutan yang dalam sudah pasti akan menghantui anak kemanapun anak pergi. Akibatnya dapat sangat fatal, yaitu turunnya prestasi yang dimiliki oleh anak baik itu dalam bidang akademik atau nonakademik. 

4. Terlalu banyak Menuntut

Faktor terakhir yang dapat merusak mental anak ialah karena banyaknya tuntutan dari orang tua. Keinginan yang dimiliki orang tua untuk memiliki anak yang berprestasi pada dasarnya tujuan orang tua memang bagus, tapi kalau tuntutan itu semakin berlebihan, yang ada anak tersebut akan menjadi stress. 

Setiap anak memiliki keunikan dan juga kelebihannya sendiri, dan akan menjadi luar biasa jika mendapat dorongan positif dari orang tuanya. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Faktor yang Dapat Merusak Mental Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel