5 Cara Agar Anak Mampu Memahami Soal

5 Cara Agar Anak Mampu Memahami Soal

Anak usia SD merupakan usia yang seharusnya sudah menguasai ilmu dasar pendidikan, yaitu membaca. Kegiatan membaca sangat erat hubungannya dengan mengerjakan soal. Anak yang dapat membaca dengan lancar akan memiliki peluang lebih mudah untuk menjawab soal. 

Menjawab soal bagi anak SD khususnya kelas I juga merupakan tantangan tersendiri bagi guru kelas dan juga orang tua. Keberhasilan siswa kelas I SD dalam memahami soal merupakan salah satu fokus dan tujuan dari bimbingan guru dan juga orang tua. 

Agar anak dapat memahami soal dengan baik, sebaiknya simak beberapa tips berikut:

1. Pastikan sudah bisa membaca

Poin pertama dan utama yang menjadi syarat agar anak mampu memahami pertanyaan adalah anak sudah bisa membaca. Ketika membaca saja masih sulit, anak juga akan kesulitan untuk memahami soal. 

Agar anak mampu membaca secara tepat waktu, dalam arti sesuai dengan usianya perlu dilakukan pendekatan saat usia pramembaca. Usia pramembaca dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang merangsang anak agar mampu membaca dengan cepat.

2. Fokus

Membuat anak fokus ketika membaca soal memang perkara yang susah susah gampang. Usia anak kelas I SD seringkali terpecah fokusnya dikarenakan hal sekeliling yang mampu mencuri perhatiannya. Salah satunya ialah karena suasana kelas yang ramai. 

Apabila di rumah mungkin akan sedikit mudah untuk membuat anak-anak fokus, karena tidak ada pengaruh dari teman sebayanya. Di rumah ibu dapat mengarahkan anak untuk belajar memahami soal dengan cara yang menurut ibu dapat memfokuskan anak. 

3. Pertanyaan yang berbelit-belit

Anak usia SD kelas I sebaiknya jangan langsung dihadapkan dengan kalimat pertanyaan yang terlalu panjang. Jika anda sedang melatih anak untuk belajar memahami kalimat pertanyaan, sebaiknya gunakan pertanyaan yang singkat yang sekiranya tidak membingungkan anak. 

Pertanyaan yang terlalu panjang dapat membuat anak semakin malas untuk membaca apalagi memahami. Anda juga dapat mengemas pertanyaan untuk latihan dengan pilihan kata yang mudah dipahami oleh anak. 

4. Sediakan Gambar

Usia SD kelas I adalah usia dimana anak-anak menyukai gambar. Dengan adanya gambar yang ada pada soal akan membuat anak semakin bersemangat ketika akan mengerjakan. Dengan adanya gambar juga mampu membuat anak semakin mudah mengerti maksud dari soal. 

Perlu diingat ketika memberi gambar di samping soal anda perlu memilih gambbar yang tidak lagi membingungkan. Karena banyak kasus pada sebuah pertanyaan yang seharusnya menuliskan fungsi indera mata anak malah menjawab apa yang ada pada gambar. Itulah sebabnya agar saling mengaitkan antara gambar dan juga pertanyaan yang anda tulis. 

5. Pantau dan Arahkan

Tugas selanjutnya yang dapat anda lakukan selaku orang tua dan guru yaitu mengarahkan anak agar benar-benar membaca dan memahami soal dengan baik. Namun perlu diingat, jangan sesekali memanjakan anak dengan membacakan pertanyaan hanya karena anak beralasan malas membaca. 

Itu tadi 5 cara sederhana yang dapat dilakukan agar anak mampu memahami soal dengan baik. Selalu dampingi anak ketika belajar, karena hal tersebut mampu membuat anak lebih bersemangat lagi. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Agar Anak Mampu Memahami Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel