Cari Jasa Kirim Barang Ke Malaysia? Simak Juga Pedoman Ekspor Barang Bagi Pemula

kirim barang ke malaysia



Kirim barang ke Malaysia kini lebih mudah lewat banyak layanan ekspedisi yang bisa anda pilih. Indonesia dan Malaysia tidak hanya bertetangga, tetapi kedua negara ini juga melakukan kegiatan perdagangan baik ekspor maupun impor.

Nah bagi anda para pemula di dunia ekspor, selain memilih jasa ekspor terbaik juga harus mengetahui pedoman ekspor barang. Apa saja yang harus dipelajari seputar ekspor barang dari Indonesia ke luar negeri?

 1. Ketahui Seluk Beluk Ekspor

Pertama sekali yang harus anda ketahui dalam kegiatan ekspor adalah siapa saja yang terlibat dalam ekspor barang. Anda juga harus memahami tentang barang apa yang akan diekspor baik jenis maupun jumlahnya. Pelajari pula deskripsi barang yang akan anda ekspor nantinya.

 2. Pahami Pedoman Ekspor Barang

Penting untuk memahami pedoman ekspor barang. Karena ada barang yang masuk dalam kategori dilarang untuk ekspor. Pahami pula  kriteria dan ketentuan barang yang akan diekspor agar barang anda tidak melanggar hukum dan pembatasan barang nantinya di pelabuhan atau bandara.

 3. Pahami Pedoman Yang Dilarang

Anda tentu mengetahui bahwa tidak semua barang yang bisa diekspor ke luar negeri. Maka dari itu sangat penting mengetahui jenis barang apa saja yang dilarang ekspor. Misalnya rotan mentah, biji timah, pasir silika, kayu bentuk log, bantal rem dan juga sisa skrap dari besi tuang.

 4. Pahami Pedoman Barang Dibatasi Ekspor

Selain barang yang dilarang ekspor, ada juga kategori barang dibatasi ekspornya. Barang dalam kategori ini, saat di ekspor harus memiliki izin khusus terlebih dahulu dari instansi yang terkait. Bahkan izin ini harus didapatkan sebelum anda melakukan pengajuan PEB.

 5. Pahami Pedoman Barang Bebas Ekspor

Ada kategori barang dilarang ekspor tentu ada juga kategori bebas ekspor. bebas ekspor artinya barang tersebut tidak termasuk dalam kategori dilarang ataupun dibatasi. Untuk pengiriman barang dalam kategori ini bisa dilakukan dengan prosedur normal.

 6. Pahami Adanya Biaya Bea Keluar

Ketika anda akan melakukan ekspor barang tentu ada yang namanya bea keluar. bea keluar ini merupakan pungutan negara yang sesuai dengan UU Kepabeanan. Namun tidak semua barang dikenakan bea keluar. Hanya beberapa kategori barang saja seperti kelapa sawit, CPO, biji kakao, kayu, kulit dan produk mineral hasil pengolahan.

 7. Manfaatkan Akses Permodalan

Tentu ketika melakukan pengiriman barang ke Malaysia ataupun negara lainnya membutuhkan yang namanya permodalan usaha. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan akses permodalan dari perusahaan perusahaan penyedia modal. Perusahaan ini bisa dengan mudah anda temukan untuk para pebisnis dalam pengembangan. Namun sebaiknya Anda memilih perusahaan terpercaya dengan akses modal yang mudah dan juga terjangkau.

 

Demikian beberapa pedoman yang harus anda ketahui seputar kirim barang dari Indonesia ke luar negeri. Yang pastinya pedoman di atas membantu dan memudahkan anda dalam proses ekspor barang. Nah jika anda sedang mencari jasa kirim barang ke Malaysia terpercaya dan berpengalaman bisa memilih yang paling direkomendasikan saat ini, Kilo.id. Jasa ini menawarkan banyak keunggulan untuk pengiriman barang lebih mudah, lebih cepat dan lebih terjangkau. Bahkan untuk pengiriman barang diatas 21 kg, anda akan mendapatkan harga spesial yang tentunya lebih terjangkau lagi. Jasa ini juga memberikan kemudahan dalam penjemputan barang langsung ke alamat Anda. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi mengantarkan barang ke kantor ekspedisi. Terlebih penjemputan barang ini tidak dikenakan biaya alias free. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Cari Jasa Kirim Barang Ke Malaysia? Simak Juga Pedoman Ekspor Barang Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel