Keuntungan dan Kekurangan Dinding ACP untuk Dinding Sekolah

 

jasa pasang ACP

Sekolah merupakan tempat bagi anak-anak belajar sekaligus bermain. Mereka bertemu dan bercengkrama dengan teman-temannya dari mulai pagi hari bahkan hingga sore hari. Sehingga bangunan sekolahan tampak akrab bagi mereka. Tapi tak jarang anda menemukan bangunan sekolah yang sudah tampak rapuh dan kurang indah apabila dipandang. Entah itu dinding bangunannya keropos, catnya mengelupas, berjamur, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana mengatasinya, apakah dengan membangunnya kembali dengan batu-bata yang baru? Sepertinya hal tersebut kurang efektif, karena akan menimbulkan efek berulang dengan masalah yang sama. Nah bagaimana jika anda mengganti dinding bangunan sekolah dengan material ACP? Jasa pasang ACP sekarang ini sedang ramai dicari konsumen loh

Apakah itu ACP? Kalau anda mengerti tentang konstruksi bangunan, tentunya material ACP bukanlah material yang asing. Karena di jaman modern ini sudah banyak gedung-gedung pencakar langit yang menggunakan ACP untuk finishing interior maupun eksterior sebuah bangunan atau gedung.

Definisi ACP

ACP merupakan kepanjangan dari aluminium composite panel, yang mana material ini terbuat dari panel datar yang berbahan aluminium yang dipadukan dengan material komposit polyethylene. Dimana material komposit terapit oleh lembar aluminium pada kedua sisinya. Material ACP bersifat kaku, lebih kuat, dan datar, namun kamu masih bisa membentuknya atau membengkokannya sesuai dengan bentuk bangunan yang sedang dikerjakan jasa pasang ACP. Material ACP banyak digunakan untuk langit bangunan dan juga dinding sebuah bangunan termasuk dinding di sekolahan anda juga bisa menggunakan material ini.

Pada dinding bangunan sekolah, jasa pemasangan ACP biasanya memasangkan sebagai lapisan terakhir pengganti acian semen. Anda juga bisa memadukan material ACP ini dengan material lain diantaranya kaca dan berbagai bahan logam lainnya. Selain sekolahan material ACP juga cocok digunakan sebagai material papan reklame, dinding SPBU, gedung atau bangunan pencakar langit, ruko, mall, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan material ACP sebagai finishing interior yaitu memfungsikannya sebagai plafon sebuah ruangan.

Material ACP terbentuk dalam lembaran dengan tebal 1-10 mm dan dimensi 1220 x 2240 mm atau 1220 x 4880 mm. Jasa pemasangan ACP biasanya lebih menyarankan menggunakan tebal 4 mm, namun kembali lagi kepada fungsi penggunaan material tersebut yaa.

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Material ACP

Material ACP terdiri dari berbagai jenis diantaranya Polyester ACP biasanya ini banyak digunakan untuk interior sebuah gedung, Poly Vynil De Flouride jenis yang lebih tebal banyak digunakan untuk bagian eksterior sebuah bangunan karena lebih tahan terhadap paparan cuaca serta mempunyai warna yang tidak mudah pudar. Anda pun bisa memilih warnanya karena biasanya jasa pasang ACP menawarkan warna metalik, warna-warna non logam, dan ACP bermotif. Sebelum anda memilih warna ACP dan memutuskan untuk menggunakannya ada baiknya anda mengetahui keuntungan dan kerugian yang ditawarkan dari material bangunan ini.

1.       Keuntungan Material ACP

·         Mempunyai kondisi permukaan yang rata dan halus.

·         Merupakan material yang tahan terhadap api, karena material ACP sudah didesain dengan menggunakan material polyethylene ataupun mineral fire rated core yang kemudian dilapisi dengan aluminium dibagian luarnya.

·         Pemasangan ACP sangat fleksibel terhadap bentuk bangunan. Anda hanya perlu memanggil jasa pemasangan ACP karena mereka mempunyai peralatan lengkap dan ahli dalam mengelola material tersebut. Anda juga bisa mengkreasikan bangunan sekolahan dengan material kaca dan logam loh disamping penggunaan ACP agar tampilan lebih berkelas. Pilihlah jenis material ACP yang sesuai fungsinya apakah sebagai interior atau sebagai eksterior.

·         Memberikan nilai estetika bangunan yang lebih berkelas.

·         Mempunyai sifat tahan terhadap karat karena terbuat dari aluminium dan komposit serta amat sangat mudah untuk dibersihkan.

·         Bangunan dengan ACP akan membuat anak-anak semakin betah di sekolahan dan aman dari coretan anak anak karena mudah dilakukan pembersihan.

2.       Kerugian Menggunakan Material ACP

·         Mempunyai harga yang lebih mahal, sehingga material ACP hanya sering kita lihat di sekolah perkotaan.

·         Pemasangan harus dilakukan oleh ahli atau penyedia jasa pasang ACP.

·         Pemasangan anti petir wajib dilakukan untuk menjaga keselamatan para penghuni bangunan.

Nah bagaimana jika sekolahan anda mulai di planning pembangunannya menggunakan material ACP. Tentunya hal tersebut akan bisa menambah kenyamanan, keindahan, dan daya jual sebuah sekolah bukan? Ada berbagai merek ACP yang bisa anda pilih diantaranya ada Aluprima, Alcopan, Seven, Exobond, dan sebagainya. Anda bisa menyewa jasa pasang ACP profesional agar hasilnya lebih memuaskan.


Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan dan Kekurangan Dinding ACP untuk Dinding Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel