Pentingnya Dampingan Orang Tua Pada Anak

Pentingnya Dampingan Orang Tua Pada Anak

Dongeng sebelum tidur merupakan hal yang menarik yang dapat dilakukan orang tua kepada buah hatinya. Orang tua memang selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk saat menjelang tidur. Karakter anak yang tidur dengan orang tua, ternyata berbeda dengan anak yang tidur sendiri tanpa dampingan orang tua. 

Dampingan orang tua saat anak akan tidur dapat menimbulkan karakter positif yang ada pada diri anak. Berikut beberapa manfaat dampingan orang tua pada anak saat menjelang tidur:

1. Lebih Dekat

Hubungan antara orang tua dan anak memang pada saat ini jarang sekali transparan. Dalam arti anak tidak sepenuhnya mengungkapkan apa yang ia rasakan kepada orang tua. Dengan begitu anak akan semakin dekat dengan orang tua. 

2. Meningkatkan Kecerdasan

Dampingan orang tua pada anak ketika menjelang tidur secara tidak langsung dapat mencerdaskan anak. Hal ini dikarenakan ketika anda mengelus kepala anak saraf yang ada di kepalanya akan merasa rileks, dan sel-sel otak akan aktif dalam mengembangkan kemampuannya. 

3. Tidur Berkualitas

Kualitas tidur yang baik akan memberi dampak yang luar biasa juga bagi anak. Hal ini dapat dirasakan ketika bangun di pagi hari. Tidur yang cukup dengan kualitas yang baik akan membuat anak lebih bersemangat menjalani hari. 

Kedekatan anak usia 0 hingga 10 tahun merupakan masa yang sangat berkualitas yang semestinya harus dimiliki oleh setiap anak. Banyak sekali orang tua yang lebih fokus pada gadget saat menjelang tidurnya, dibandingkan dengan mendampingi anak sebelum tidur. 

Menurut para psikolog, menemani anak ketika akan menjelang tidur akan membuat anak mudah sekali dikendalikan. Anak akan lebih patuh kepada anda selaku orang tua, karena anak akan merasa bahwa anda adalah orang yang selalu ada saat anak membutuhkan teman bercerita. 

Sebagai orang tua sudah sepatutnya memberikan rasa aman dan nyaman jika anak dekat dengan anda. Peluk dan beri kasih sayang saat anda dekat dengan anak. Ketika anak sudah merasa nyaman dengan anda selaku orang tua, maka anak akan menumpahkan segala perasaannya pada anda, sehingga hati anak tersebut akan mudah anda miliki dan mudah anda arahkan. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Dampingan Orang Tua Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel