5 Cara Meningkatkan IQ Anak Sejak Dini

5 Cara Meningkatkan IQ Anak Sejak Dini

Kemampuan dan potensi intelektual yang dimiliki anak memang berbeda beda, kemampuan intelektual inilah yang biasanya disebut dengan IQ. Pada umumnya IQ digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan dan juga potensi anak dalam berpikir, belajar dan juga memecahkan masalah. 

IQ sangat erat hubungannya dengan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Artinya semakin cerdas anak tersebut dalam menghadapi masalah, maka bisa dikatakan ia memiliki IQ yang yang tinggi pula. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kecerdasan anak dapat ditingkatkan meski ada faktor yang mempengaruhi kecerdasannya. Faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak dapat berupa lingkungan, nutrisi, pola asuh, pendidikan, dan juga genetik. 

Agar anak juga memiliki IQ yang tinggi atau setidaknya menengah ke atas, anda dapat memperhatikan ulasan mengenai beberapa cara meningkatkan IQ anak berikut ini:

1. Mengajak Interaksi

Pada dasarnya dunia orang tua memang tidak dapat dipisahkan dari kata bekerja. Dimana banyak waktu dihabiskan untuk mencari nafkah sebagai sumber penghidupan keluarga. Namun meskipun anda bekerja jangan lupakan tugas anda sebagai orang tua, yaitu mengasuh anak. 

IQ anak juga dipengaruhi oleh interaksi yang anda lakukan bersama anak. Bagi anda yang masih memiliki anak usia dini, sering-seringlah mengajak berinteraksi, membahas apapun asalkan terjalin komunikasi yang interaktif. 

2. Beri Pujian

Anak akan merasa senang dan puas akan segala usahanya ketika anak diberi pujian. Sekecil apapun yang dilakukan oleh anak, sebaiknya anda memberikan pujian baik dengan kata "pintar", "bagus", dan lainnya. 

Anda juga bisa memberinya reward ketika anak mampu melakukan sesuatu yang lumayan sulit namun tetap dilakukannya dengan bersemangat. Karena hal ini nantinya akan membuat otaknya terbiasa menerima tantangan, dan anak juga tidak akan mudah menyerah akan sebuah permasalahan yang harus dipecahkan. Jika sering seperti ini, maka secara tidak langsung IQ yang dimiliki anak akan berkembang dengan baik. 

3. Beri Kasih Sayang

Kasih sayang yang tercurahkan dari orang tua kepada anak dapat akan menjadi hal tersendiri yang membuat IQ anak mampu berkembang. Kasih sayang tidak hanya dapat dilihat dengan memberi anak berbagai macam barang, namun dapat berupa pelukan, ciuman, dan juga perhatian yang lebih. 

Ketika anak merasa diperhatikan, tentunya dia akan memiliki motivasi di dalam hatinya untuk berkembang. Hal ini nanti juga akan memberi kenyamanan pada otak dan akhirnya mampu membuat IQ semakin berkembang. 

4. Pola Asuh yang Baik

Mood belajar yang dimiliki anak saat ini, ditentukan oleh cara anda dalam memberi pola asuh pada anak. Anak yang memiliki riwayat pola asuh yang baik dari ibu dan ayahnya rata-rata mereka memiliki IQ menengah ke atas. Hal ini tentunya berbeda jika anak diasuh oleh kakek dan juga nenek. 

Sosok pola asuh yang baik dapat meningkatkan IQ anak, terutama jika pola asuh yang anda berikan pada anak bersifat sabar, lemah lembut, mencontohkan, tegas, dan juga kreatif. 

5. Beri Problem Solving

Interaksi yang baik antara orang tua dan anak akan lebih mampu meningkatkan IQ anak jika diperi sebuah permainan atau teka-teki yang bersifat memecahkan masalah. Ketika anda memberi anak sebuah permasalahan dan anak dapat menyelesaikannya, maka suatu hari nanti anak akan mampu mengatasi semua masalah hidupnya dengan mandiri. 

Beberapa cara meningkatkan IQ anak di atas sebaiknya anda terapkan sejak dini, terutama pada usia golden age. Karena pada usia tersebut, IQ yang dimiliki oleh anak dapat berkembang dengan sangat pesat. 

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Meningkatkan IQ Anak Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel