6 Langkah Membuat RPP yang Praktis

6 Langkah Membuat RPP yang Praktis

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh guru sebagai pedoman ketika mengajar. Selain digunakan sebagai pedoman saat akan mengajar, RPP juga menjadi salah satu syarat khusus terhadap dokumen yang harus ada dalam administrasi pembelajaran guru. 

Seringkali guru hanya mengcopy paste RPP milik orang lain, padahal membuat RPP yang praktis itu sangatlah mudah. Membuat RPP yang praktis dapat anda lakukan dengan mudah sesuai dengan beberapa tips berikut ini:

1. Beri Identitas

Hal pertama yang anda lakukan saat akan membuat RPP yang praktis yaitu menuliskan identitas. Di dalam identitas ini, anda harus menuliskan judul, Nama Sekolah / Madrasah, Kelas / Semester, Nama Tema, Sub Tema, Muatan Pelajaran, Pembelajaran, dan juga Alokasi Waktu yang dibutuhkan. 

Identitas tersebut tentunya dapat anda sesuaikan dengan mudah sesuai dengan pembelajaran yang akan anda lakukan. dan sepertinya format ini memang sudah umum, yang selanjutnya format penulisan RPP ini dapat anda copy paste dan hanya mengganti beberapa bagian saja. 

2. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Cara membuat RPP yang praktis selanjutnya yaitu dengan menentukan beberapa tujuan pembelajaran yang anda ingin capai. Tujuan pembelajaran dapat bersifat fleksibel, artinya anda dapat dengan bebas menentukan beberapa tujuan yang ingin anda capai dalam sebuah pembelajaran dan media yang anda gunakan. Anda dapat mengaitkan atara media, cara, dan tujuan sehingga menjadi kalimat yang padu. 

Contoh tujuan pembelajaran yang baik yaitu menggunakan kata proses dan juga sebuah gol yang akan dicapai. Seperti "Setelah mengamati gambar lingkungan, siswa mampu mengidentifikasi contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar". Dalam kalimat tersebut sudah mengandung tentang media, cara dan juga tujuan yang akan dicapai. 

3. Kegiatan Pembelajaran

Poin Pokok dalam sebuah RPP yang menjadi acuan yaitu kegiatan pembelajaran. Sudah menjadi bahasan umum bahwa tujuan pembelajaran dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Anda dapat mengamati contohnya di sini

4. Penilaian 

Bagian RPP yang selanjutnya yaitu penilaian. Dalam bagian ini hanya berisi kalimat singkat, dan format penilaian di lampirkan. Format penilaian juga terlampir dalam buku guru yang anda jadikan sebagai pedoman. 

5. Tanda Tangan

Bagian RPP selanjutnya yaitu bagian tanda tangan yang berisi identitas kepala sekolah dan juga guru kelas. 

6. Lampiran

Bagian lampiran dapat berisi hal seperti yang adan di sini.

Itu tadi 6 langkah membuat RPP yang praktis. Anda dapat mengcopi formatnya, kemudian mengisi sesuai dengan yang anda akan ajarkan kepada siswa. Pada bagian lampiran, anda dapat memberikan gambar lembar kerja yang anda gunakan sebagai tolak ukur pencapaian siswa, beserta foto media yang anda gunakan. Selamat mencoba!

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "6 Langkah Membuat RPP yang Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel