Ketahui 4 Penyebab Anak Sering Minder

Ketahui 4 Penyebab Anak Sering Minder

Minder merupakan salah satu keadaan dimana rasa percaya diri tak lagi ada dalam diri seseorang. Anak yang minder tentunya disebabkan karena beberapa faktor tertentu. Faktor yang membuat anak minder dapat berasal dari luar diri sang anak, dan juga dari dalam diri anak. 

Anak yang minder sebaiknya segera diatasi, anak juga perlu diberi pengertian bahwa rasa minder yang kini ia alami akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain di sekitarnya. Minder merupakan kebalikan dari sikap percaya diri, dimana rasa percaya diri merupakan kebanggan yang seharusnya diasah dan kemudian dikembangkan. 

Anak yang minder harus segera ditangani sesuai dengan latar belakang yang dialami oleh anak. Berikut beberapa penyebab anak yang minder:

Penyebab Anak Minder

1. Broken Home

Keadaan keluarga yang berantakan membuat anak kehilangan zona nyaman atau kehilangan sosok orang tua yang dapat menjadi filter serta panutan bagi anak untuk mengembangkan karakternya. Keadaan rumah yang berantakan membuat anak kurang percaya diri karena merasa dirinya tidak memiliki kekuatan yang dibanggakan. Anak akan merasa sendiri dan juga kehilangan figur. 

2. Bullying

Pada jaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bullying. Keadaan lingkungan yang memberi sikap yang tidak baik semacam sikap ejekan yang dapat menurunkan rasa percaya diri anak. 

Sikap bullying kini juga diatur dalam beberapa aturan khusus yang bersifat melarang dan juga dapat dikenakan sanksi bagi yang melanggar. 

3. Keadaan Ekonomi Keluarga

Dunia anak anak dan dunia remaja sudah tidak asing lagi dengan kata geng. Dimana geng merupakan kumpulan beberapa anak yang memiliki latar belakang yang hampir sama. 

Geng yang ada pada dunia anak juga dapat didasarkan pada keadaan ekonomi keluarganya. Anak yang terlahir di tengah keluarga yang mapan tentunya berteman dengan anak yang memiliki keluarga mapan lainnya. 

Keadaan ekonomi dapat membuat anak minder dikala anak berada dalam satu lingkungan dengan beberapa kebutuhan yang sama namun cara pemenuhan kebutuhan yang berbeda. Sebagai contoh, ada dua orang anak, dengan latar belakang keluarga yang berbeda, namun sama sama membutuhkan sepatu sebagai perlengkapan sekolah. Anak yang berada di lingkungan yang berkecukupan akan merasa mampu untuk membeli sepatu yang bermerk, sedangkan anak yang berada di strata menengah ke bawah akan membeli sepatu yang biasa-biasa saja. Hal inilah yang membuat anak menjadi minder. 

4. Kurang Bersosialisasi

Interaksi antar teman merupakan salah satu hal penting untuk menunjang rasa percaya diri pada anak. Anak yang tidak dapat bersosialisasi dan menempatkan diri di tengah teman-temannya sudah dipastikan akan merasa kesulitan dalam bergaul. 

Secara tidak langsung anak yang susah bergaul akan minder jika dihadapkan dengan teman-teman yang lainnya. Inilah salah satu pentingnya mengajarkan jiwa sosial pada anak secara dini. 

Itu tadi beberapa penyebab anak minder yang dapat anda jadikan sebagai pengingat yang nantinya akan merubah haluan anak dalam mematangkan sikapnya. Minder bukan sebuah prestasi, melainkan sebuah sikap yang harus dibabat habis agar tidak menghalangi cita-cita anak. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Ketahui 4 Penyebab Anak Sering Minder"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel