Manfaat Anak Sering Bermain di Usia Bermain

Manfaat Anak Sering Bermain di Usia Bermain

Sebagaimana yang sudah diketahui oleh banyak orang tua, bahwa anak tidak dapat dipisahkan dari dunia anak yaitu dunia bermain. Bermain merupakan sifat alami yang dimiliki oleh semua anak. Anak mulai suka bermain pada usia 1 hingga menginjak usia remaja. 

Bermain dapat menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri yang digunakan oleh anak untuk menyalurkan semua perasaannya. Banyak orang tua mengatakan, bahwa bermain tidak memiliki banyak manfaat. Namun anda perlu tau, bahwa dengan bermain anak dapat mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan kemampuan anak untuk memecahkan masalah. 

Manfaat anak sering bermain pada usia bermain:

1. Melatih Motorik

Manfaat anak sering bermain yang pertama ialah dapat melatih motorik anak. Dengan bermain anak akan mampu menyeimbangkan kemampuan akan motorik halus dan motorik kasar. Dimana motorik halus dan kasar tersebut dapat mempengaruhi perkembangan psikologis anak. 

Usia bermain anak jika memang dimaksimalkan dengan baik akan membuat anak mempu menghadapi situasi kehidupan dan mampu memahami persoalan yang muncul saat sedang bermain, baik itu saat bermain sendiri atau bersama temannya.

2. Mengembangkan Imajinasi

Kemampuan imajinasi juga dapat diasah pada usia bermain anak. Dengan bermain tentunya imajinasi akan berkembang yang mampu membuat anak semakin kreatif. Ide-ide baru akan muncul ketika anak sedang bermain. Pada usia bermain ini anak akan terhindar dari stress akibat sebuah rutinitas yang membosankan. 

3. Mengembangkan Kemampuan Sosial

Manfaat anak sering bermain pada usia bermain akan membuat anak mudah untuk bersosialisasi. Terutama ketika anak bermain dengan teman-temannya. Sudah pasti terjadi komunikasi yang baik antara anak dengan temannya tersebut. Dengan begitu anak akan memiliki jiwa sosial yang tinggi. 

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat bermain pada usia bermain selanjutnya ialah mampu meningkatkan rasa percaya diri. Bermain bersama dengan temannya akan membuat anak menjadi terdorong, baik pada keterampilan fisik, sosial, emosional, dan juga intelektual mereka. 

5. Mampu Memahami Diri

Anak usia bermain akan mampu memahami kebutuhan mereka, tentang apa yang mereka butuhkan termasuk jenis permainan yang mereka inginkan. Dengan memahami diri sendiri, suatu saat ketika anak sudah dewasa sudah pasti mampu memahami kebutuhannya sendiri. 

6. Memperkaya Kata dan Bahasa

Saat anak sedang bermain bersama temannya, secara tidak langsung anak akan menggunakan bahasa-bahasa, terutama bahasa yang sedang viral saat itu. Misalnya, anak akan menirukan bahasa upin dan ipin dan bahasa film lainnya. 

Uraian di atas merupakan manfaat yang diproleh ketika anak sering bermain pada usia bermain. Usia bermain memang menjadi waktu tersendiri dimana anak dapat mengembangkan segala macam kemampuannya. 

Pada masa usia bermain usahakan anda juga berperan di dalamnya untuk menemani anak-anak. Karena bagaimanapun juga, mereka tetap membutuhkan anda selaku orang tua yang dapat mengarahkan mereka. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Anak Sering Bermain di Usia Bermain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel