Iklan 1

Tips Agar Hubungan Kakak Beradik Menjadi Rukun

Tips Agar Hubungan Kakak Beradik Menjadi Rukun

Hubungan kakak beradik memang tak selamanya rukun. Ada saat mereka bertengkar dan saling menyalahkan satu sama lain. Ada saja hal-hal kecil yang membuat mereka bertengkar, entah itu gara-gara mainan, sikap, atau berebut sesuatu. 

Merukunkan anak satu sama lain menjadi sebuah tantangan yang harus ditaklukkan oleh orang tua. Karena memang sejatinya tugas orang tua ialah mendidik anak-anaknya. Semua perilaku anak-anaknya termasuk kerukukan kakak beradik juga berada di bawah tanggung jawabnya. 

Berikut beberapa cara yang dapat dikakukan untuk mempererat hubungan kakak beradik:

1. Memberi Pengertian Makna Saudara

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan kakak beradik ialah dengan memberi pengertian akan makna saudara. Bahwa saudara merupakan tempat berbagi dan juga sebagai teman, tempat saling melengkapi satu sama lain. 

Memberi pengertian hubungan kakak beradik sesungguhnya akan menanamkan rasa memiliki, rasa melindungi dan juga rasa mengayomi antara kakak beradik. Jadi mereka akan terlatih untuk bersama-sama menciptakan suasana yang rukun. 

2. Beri Waktu Bersama

Hubungan kakak beradik juga sudah pasti membutuhkan waktu dimana hanya benar-benar ada mereka berdua. Misalnya ada waktu bagi mereka untuk menonton TV bersama, bermain bersama, belajar bersama dan juga kegiatan lainnya yang membuat mereka bersama.

Jalinan persaudaraan akan muncul di hati nurani mereka, ketika mereka merasa sering bersama dan menghabiskan waktu bersama. Hubungan kakak beradik juga akan menjadi rukun dimana mereka merasa saling membutuhkan satu sama lainnya. 

3. Atur Kedekatan Antara Keduanya

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan kakak beradik ialah dengan mempersiapkan sejak dini kedekatan dari sebuah hubungan persaudaraan. Hal ini sebenarnya lebih ditekankan kepada sang kakak, karena kakak akan menerima kehadiran anggota keluarga baru, yaitu adik. 

Melalui hal tersebut tentunya sang kakak akan mudah menerima kenyataan bahwa ia akan memiliki adik untuk dijaga, serta dilindungi. 

4. Beri Pengertian Makna Keluarga

Poin selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai orang tua untuk merukunkan hubungan kakak beradik ialah memberi pengertian makna keluarga. Seringkali hubungan kakak beradik bertengkar gara-gara mereka saling mengunggulkan teman-temannya. 

Sebagai orang tua anda harus memberi pengertian bahwa keluarga akan selalu ada, sedangkan teman selalu datang dan pergi. Beri pengertian bahwa teman terkadang pergi entah kemana ketika kita membutuhkannya. Anda juga bisa memberi contoh kecil, entah itu tentang pengalaman anda atau cerita dalam dongeng. 

Itu tadi beberapa tips yang dapat anda lakukan sebagai orang tua agar anak tetap rukun dan juga hubungan diantara mereka tetap erat sebagaimana yang diharapkan. Selalu ingat, bahwa keluarga merupakan tempat kita untuk pulang. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Hubungan Kakak Beradik Menjadi Rukun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel