Iklan 1

Tips Mengajarkan Sikap Saling Menghargai Pada Anak

Tips Mengajarkan Sikap Saling Menghargai Pada Anak

Sikap acuh, tidak peduli, dan terlalu menyepelekan orang lain merupakan sikap yang sebenarnya tidak boleh dipelihara. Sungguh fatal jika sikap acuh melekat kuat pada diri anak. Mungkin hanya satu atau dua teman saja yang akan peduli padanya dan masih mau menjadi temannya. 

Mendidik anak dengan baik memang merupakan tugas atau kewajiban yang utama bagi orang tua. Oleh sebab itu karakter yang dimiliki oleh anak tergantung apa yang diajarkan oleh orang tuanya. Bagi kaum muslim mendidik anak agar berakhlaq yang baik tentunya berkiblat pada Rasulullah Muhammad SAW. 

Mengembangkan rasa peduli kepada teman atau orang lain dapat dibiasakan sejak dini, dan memang harus sedikit dipaksakan. Sekali dua kali mungkin anak akan terpaksa melakukan suatu kebaikan kepada orang lain. Namun ketika sudah terbiasa, rasa peduli tersebut akan muncul dan melekat pada diri. 

Berikut beberapa tips menumbuhkan sikap peduli pada diri anak:

1. Beri Contoh

Pada usia anak-anak memang usia yang suka mencontoh, yaitu meniru semua yang anda lakukan. Terkadang anda harus mencontohkan tentang pentingnya menghargai, tidak harus diucapkan melainkan dengan suatu tindakan yang membuat anak tersebut berfikir dan paham. 

2. Ajarkan Menghargai Hak Teman

Anak sudah pasti memerlukan sebuah pembiasaan tentang cara menghargai teman yang ada di sekitarnya. Menghargai teman tidak harus dengan memperlakukan teman secara istimewa, namun dapat dilakukan dengan cara menyapa, memberi senyum, menanyakan kabar, dan juga memahami makna kehadirannya. 

3. Tanamkan Sikap Sosial

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan agar anak dapat menghargai orang lain ialah dengan menanamkan sikap sosial, dimana sikap sosial merupakan sikap dapat menyesuaikan keadaan bahwa anak membutuhkan teman yang lain. 

Ajarkan pada anak, bahwa ia juga membutuhkan temannya untuk melakukan sebuah kegiatan bermain atau interaksi lainnya. Ajarkan juga bahwa mereka secara tidak langsung juga akan terbantu dalam menghadapi beberapa masalah yang sebenarnya tidak bisa dilakukannya sendiri. 

4. Ajarkan Keikhlasan

Menghargai teman lainnya juga tidak luput dari yang namanya rasa ikhlas. Dimana ikhlas merupakan perbuatan yang dilakukan tanpa berharap sebuah imbalan. Ajarkan anak untuk selalu ikhlas dalam melakukan sesuatu, hal ini bertujuan agar anak tidak selalu mengharapkan imbalan setelah melakukan suatu kebaikan. 

5. Ajarkan Bicara yang Santun

Hal berikutnya yang dapat anda lakukan ketika mendidik anak agar menjadi anak yang mampu menghargai orang lain ialah dengan cara mengajarkan ucapan yang santun. Ucapan yang lemah lembut termasuk salah satu bentuk menghargai orang lain. 

Anak yang terbiasa bicara dengan nada tinggi dan juga nada keras seolah sudah tidak memiliki sopan santun sehingga dapat digolongkan pada mereka yang tidak bisa menghargai orang lain. 

Itu tadi 5 tips mengajarkan sikap menghargai pada anak agar anak memiliki karakter luhur sejak dini. Jangan lupa untuk mengajarkan pada anak, bahwa bentuk menghargai orang lain tidak hanya dapat ditunjukkan melalui materi atau uang, namun ucapa yang baik, perilaku yang baik, dan juga kesadaran akan hak orang lain juga merupakan bentuk sebuah penghargaan terhadap orang lain. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengajarkan Sikap Saling Menghargai Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel