Iklan 1

4 Tips Cetak Generasi Kreatif dari Guru Kreatif

4 Tips Cetak Generasi Kreatif dari Guru Kreatif

Salam super bagi seluruh guru di Indonesia. Guru memiliki ciri tersendiri dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas kepada siswanya. Ada guru yang suka mengajar dengan tegas, ada pula guru yang mengajar dengan sangat lembut. Semua itu tergantung pada karakter dan juga pola pikir yang dimiliki oleh guru tersebut. 

Sebagai seorang guru tentunya tidak ingin siswa yang diajarnya merasa bosan akan apa yang ia sampaikan sewaktu mengajar. Padahal itu semua tergantung akan teknik yang diberikan oleh guru. Jika pembelajaran tersebut bersifat monoton, sudah dijamin siswa akan bosan dan mencari kesibukan lainnya.

Agar siswa tidak bosan serta kreativitas yang dimiliki dapat berkembang, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kreativitas peserta didik: 

1. Menyadari Perannya

Sebagai seorang guru tentunya anda harus paham betul akan posisi anda. Sebuah posisi yang sangat dibutuhkan siswa sebagai sosok penyalur ilmu. Sebagai guru sudah seharusnya anda mampu mencetak siswa yang memiliki kreativitas tinggi melalui kreatifitas yang anda miliki. 

Sadari bahwa peran anda tidak dapat tergantikan oleh siapapun itu. Bahkan banyak sekali siswa SD yang 100% lebih nurut dengan gurunya dibanding dengan kedua orang tuanya di rumah. Hal ini dikarenakan siswa memposisikan gurunya di atas segalanya, yang berdasarkan karena cinta dan sayang mereka kepada guru tersebut. 

2. Berikan Pembelajaran yang Kreatif

Cara kedua yang dapat anda lakukan ialah dengan memberi pengalaman belajar yang kreatif. Perlu anda ketahui, bahwa otak yang berkembang ialah otak yang selalu dirangsang dengan hal-hal baru yang dapat meningkatkan kreatifitas. Kegiatan ini dapat anda lakukan setiap kali mengajar mereka, baik di sekolah maupun tugas rumah. 

Anda harus memastikan bahwa tugas-tugas yang anda kirim dapat mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki. Usahakan agar tugas tersebut hhanya bisa dikerjakan oleh siswa, seperti sebuah penelitian langsung, atau berupa tugas wawancara kepada beberapa anggota keluarga. 

3. Beri Reward Pada Perubahan

Perkembangan kemampuan siswa sekecil apapun itu akan menjadi sebuah hal yang berarti yang harus dihargai oleh guru. Penghargaan yang anda berikan tidak harus berupa barang atau sesuatu yang berbentuk. Namun dapat berupa pujian yang nantinya akan membuat siswa merasa nyaman karena melakukan sedikit perubahan yang berarti pada dirinya. 

4. Respek Akan Pertanyaan

berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh anak ternyata jangan disepelekan begitu saja. Anda harus menghargai dan menjawab semampu anda. Karena pada akhirnya anak akan berpresepsi bahwa guru mereka memang guru yang baik yang mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh siswanya.

Perhatian kecil ini akan mempengaruhi perkembangan anak. Terlebih pada anak yang suka bertanya dan menggali hal baru akan ilmu yang ingin mereka ketahui. Anak yang selalu ingin tahu akan mencari tahu dengan cara bertanya dan bertanya terus. Temukan Info menarik di web mediapatas.xyz

Itu tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan sebagai seorang guru untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jadilah guru yang kreatif, dimana nantinya akan lahir para penerus bangsa dengan kreatifitas yang tinggi pula. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Cetak Generasi Kreatif dari Guru Kreatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel