Iklan 1

Pekerjaan Wajib Para Operator Sekolah yang Harus Dilakukan

Kok ada saja sih pekerjaan operator sekolah? Kelar satu, yang lain tumbuh. Hal ini mungkin tidak asing lagi bagi anda yang memang saat ini menduduki posisi sebagai operator sekolah. Baik tingkat SD, SMP atau SMA. 

Operator sekolah memang tidak bisa dipisahkan dari data data yang nantinya berhubungan dengan jaringan. Bahkan para pengawas sekolah dengan lantangnya menyemangati mereka yang saat ini menjadi operator dengan kata-kata emas "ikhlaslah dalam bekerja, walau pekerjaan anda sebesar gunung, karena dengan jari anda, seribu kebaikan telah anda ciptakan untuk diri anda dan orang di sekitar anda". Kata-kata tersebutlah yang dapat meningkatkan mood bagi operator sekolah agar kembali bersemangat melakukan kerjanya. 

Operator sekolah memiliki beberapa kewajiban yang harus dilakukan di setiap tahunnya. Bagi yang sudah lama menjadi operator, mungkin tidak heran lagi ketika akan melakukan tugas tahunan, namun bagaimana dengan operator yang baru? Berikut ulasan mengenai kewajiban operator sekolah setiap tahun:

Kewajiban operator sekolah setiap tahun

1. Data Pokok Pendidikan (Dapodik)


Induk dari semua data siswa dan juga data guru berada pada sistem ini. Dapodik merupakan kewajiban operator yang harus diupdate dan dipantau setiap tahunnya. Dapodik biasanya diupdate setiap awal semester, yaitu dua kali selama satu tahun. 

Dapodik juga terkait dengan instansi atau beberapa aplikasi lembaga lain, seperti dinas kependudukan, BPK dan juga KPK. Bagi Madrasah mungkin tidak jauh berbeda, yaitu melalui aplikasi EMIS. Dimana emis juga berisi tentang data siswa, guru, dan juga sekolah. 

Kedua aplikasi ini sering mengalami perubahan pada setiap tahunnya, sehingga anda selaku Operator harus tetap jeli dalam pemberitahuan jika ada perubahan data. 

2. Verval PD

Tugas Operator selanjutnya yaitu verval PD. Dimana verval PD merupakan salah satu tugas yang membutuhkan ketelitian sangat tinggi. Verval PD biasannya berupa tugas mengecek, mengedit, dan juga memperbaiki data-data siswa yang tidak sesuai dengan dokumen KK dan juga akta kelahiran siswa. Verval PD berlaku bagi Sekolah dan juga Madrasah yang dapat diakses pada laman Verval PD

Baca Juga : Cara verifikasi NISN sesuai dengan kartu keluarga

3. Simpatika

Hal yang menjadi pusat perhatian dari operator madrasah yaitu simpatika. Pusat aturan dari guru yang mengajar di dalam naungan Kemenag. Simpatika merupakan aplikasi yang berisi tentang data base guru dalam sebuah madrasah. 

Operator memiliki tugas yang bisa dibilang sedikit panjang, mulai dari verval data pribadi guru, riwayat pendidikan, fungsi dan jabatan, pelaporan keaktifan, ajuan SKMT, dan juga cetak SKAKPT. Dimana pada dasarnya tugas tersebut merupakan tugas pribadi guru. Namun tidak jarang guru yang meminta bantuan kepada operator. 

Selain itu, di dalam simpatika juga terdapat tugas musiman, seperti ajuan keaktifan kolektif, atau biasa dikenal dengan S25a. Ada juga S30a, dan masih banyak yang lainnya. 

Dalam naungan dinas, saat ini ada yang namanya SIMPEG yang fungsinya hampir sama dengan simpatika. Berisi data guru, namun hanya guru PNS. Pada dasarnnya SIMPEG juga dibebankan kepada masing-masing individu, sehingga bukan tugas pokok operator. 

4. Program Indonesia Pintar (PIP)

Tidak memandang apakah anda dalam lingkup sekolah atau madrasah. PIP sudah menjadi tugas operator yang pokok. Diantaranya yaitu memastikan siswa yang layak mendapat PIP dan juga memantau proses pencairan dana hingga selesai dan kembali pada siswa. 

5. Calon Peserta Ujian

Meski pada tahun 2020/2021 ujian nasional telah dihapus, namun kini operator tetap berkewajiban untuk mengecek nama siswa yang akan lulus pada tahun ini. Cara yang dilakukan ialah dengan melakukan verval NISN, yang sebenarnya wajib dilakukan oleh wali murid. Namun kembali lagi, terkadang wali murid tidak memiliki kemampuan yang canggih, sehingga meminta bantuan kepada Operator sekolah/madrasah. 

Verval NISN ini nantinya akan ditindak lanjuti oleh operator sekolah melalui aplikasi verval pd. Cara untul melakukannya biasanya sudah dijelaskan ketika pertemuan para operator sekolah. Namun bagi anda yang memang belum paham, dapat menyimak cara lengkap verval NISN siswa oleh wali murid dan operator

6. Memantau Perkembangan Informasi

Informasi yang diberikan oleh Dinas dan juga Depag terkadang atau bahkan bisa dibilang sering mendadak. Artinya tugas operator seringkali diberikan dengan rentang waktu yang begitu singkat. Untuk itu, sudah kewajiban anda sebagai operator untuk memantau perkembangan informasi melalui grup yang anda ikuti. 

Sekali saja anda ketinggalan informasi, maka akan berakibat fatal bagi sekolah atau madrasah anda. 

Beberapa tugas dan kewajiban operator tidak sama antara wilayah yang satu dengan yang lainnya. Begitupun atara sekolah dan madrasah. Namun apapun itu, anda tentunya akan menjadi lebih semangat jika menjalaninya dengan rasa ikhlas dan tanggung jawab. Semoga perbuatan baik anda selalu mendapat ridhoNya. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Pekerjaan Wajib Para Operator Sekolah yang Harus Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel