Iklan 1

Tips Jalin Komunikasi yang Baik di Lingkungan Sekolah

 Tips Jalin Komunikasi yang Baik di Lingkungan Sekolah

Kunci dari sebuah suksesnya sebuah lembaga atau organisasi ialah sebuah komunikasi yang baik. Tak terkecuali di lingkungan sekolah yang pada dasarnya sangat membutuhkan komunikasi yang baik antara guru dengan rekan guru, dengan siswa, kepala sekolah, Staf TU, dan juga beberapa pihak lain yang berada dalam lingkup tersebut. 

Kuranya komunikasi yang baik pada akhirnya akan membuat anda dan juga orang di sekitar menjadi kurang harmonis, bahkan menimbulkan tatapan sinis yang nantinya dapat merusak kekompakan dalam lingkungan sekolah. 

Komunikasi yang baik dalam lingkup sekolah akan terjadi jika masing-masing orang mengerjakan perannya dengan baik. Selain itu, anda juga dapat menerapkan beberapa cara menjalin komunikasi yang baik dalam lingkup sekolah berikut ini:

1. Memperkecil Masalah 

Hal pertama yang dapat anda lakukan sebagai salah satu diantara mereka yang berada di lingkungan sekolah ialah memperkecil masalah yang mungkin muncul. Sebagai pribadi yang baik tentunya anda ingin bahwa masalah dapat selesai dan diatasi bersama bukan? Untuk itu, cobalah untuk menjadi orang yang tidak pernah membesarkan masalah yang awal mulanya sepele. 

Masalah sepele yang dibesar-besarkan nantinya akan membuat anda dan staf yang lainnya menjadi tidak harmonis lagi. Adanya rasa saling tuduh antara satu dengan lainnya membuat suasana semakin runyam. Masalah yang seharusnya selesai justru bertambah besar. 

2. Gunakan Kata-Kata Halus

Sesama staf yang berada dalam satu lingkungan sebaiknya saling sapa dan bicara menggunakan bahasa yang harus dan juga sopan. Bahasa tersebut nantinya akan membuat komunikasi menjadi baik dan juga mempererat rasa persaudaraan. 

Meskipun berbicara dengan bawahan anda, setidaknya anda juga tetap harus memanusiakan ia sebagai orang yang memiliki hak untuk dihargai. Tak terbayang jika perlakuan anda selalu semena-mena terhadap beberapa orang yang anda anggap remeh. 

3. Menyesuaikan Ucapan dan Tindakan

Agar komunikasi di lingkungan sekolah dapat tetap harmonis, sebaiknya hindari sifat plin plan yang akan muncul pada diri anda. Jadilah orang yang selalu sirama dalam ucapan dan juga tindakan. Hindari hal-hal yang membuat orang di sekitar anda tidak lagi percaya dengan anda. 

Selarasnya ucapan dan perbuatan akan menambah kharisma anda sebagai seorang pendidik ataupun staf yang berperan dalam lingkungan sekolah. Anda akan dipercaya dan juga makin banyak orang yang suka dengan anda. 

4. Jadilah Menyenangkan

Menjadi orang yang menyenangkan ketika bekerja akan memberi rasa nyaman pula bagi orang di sekeliling anda. Jadilah orang yang menyenangkan, sehingga pada akhirnya tercipta komunikasi yang baik di lingkungan sekolah. 

Menjadi orang yang menyenangkan sepertinya bukan hal yang susah, melainkan anda cukup membuat orang di sekeliling anda menjadi nyaman dengan kehadiran anda. 

5. Mau Menerima Masukan

Cara selanjutnya agar tercipta komunikasi yang baik di lingkungan sekolah adalah adanya rasa saling menerima dan memahami. Menerima segala macam kritik dan saran tidak akan membuat anda semakin jatuh, namun jika anda jadikan kritik dan saran sebagai suplemen tentunya anda akan menjadi orang yang jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Ulasan sederhana tentang cara membangun komunikasi yang baik di atas dapat menjadi patokan agar anda terhindar dari masalah yang disebabkan karena kurangnya komunikasi. Jaga hubungan baik dengan siapapun dan di mana pun, agar pada akhirnya anda akan nyaman dalam menjalani hari. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Jalin Komunikasi yang Baik di Lingkungan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel