Iklan 1

Ketahui 7 Tugas Guru Agar Semakin Cinta dengan Profesi Anda

Ketahui 7 Tugas  Guru Agar Semakin Cinta dengan Profesi Anda

Banyak sekali orang menyangka bahwa tugas guru hanya mengajar, mengajar dan mengajar siswa di sekolah. Sebuah profesi yang memiliki tujuan mencerdaskan anak bangsa. Banyak yang mengartikan bahwa guru merupakan salah satu sumber pengetahuan yang berperan penting dalam kemajuan pribadi seseorang. 

Banyak sekali pengertian guru menurut beberapa ahli, termasuk ahli pendidikan. Namun pada hakikatnya, bagi anda yang menjadi guru apakah sudah tau sebenarnya apa tugas utama anda? Apakah hanya sekedar datang ke sekolah, mengajar, kemudian pulang? 

Agar semakin mencintai profesi anda sebagai seorang guru, sebaiknya menyimak beberapa Tugas guru yang sebenarnya:

1. Mengajar

Sebagaimana yang diketahui orang pada umumnya, bahwa tugas guru yang pertama yaitu mengajar. Dimana mengajar dilakukan sebagai cara mentransfer ilmu kepada siswa. Mengajar pada umumnya dilakukan guru di sekolah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Mengajar siswa bukan sebuah perkara yang dengan begitu saja dapat dilakukan tanpa dasar. Anda tentunya harus memiliki cara atau metode yang nantinya mendukung kegiatan belajar menjadi lebih efektif. 

2. Mendidik

Tugas guru yang kedua yaitu mendidik. Perbedaan diantara mengajar dan mendidik sebaiknya saat ini mulai anda gali. Anda sebaiknya dapat membedakan dengan baik antara mengajar dan mendidik. 

Mengajar adalah sebuah kata yang dapat bermakna memberi tahu tentang suatu ilmu kepada siswa. Namun ketika mendidik, berarti anda menerapkan betul akan ilmu yang anda berikan kepada siswa dalam kehidupannya. Mendidik lebih condong kepada akhlaq dan juga perilaku siswa tersebut. 

3. Pemberi Motivasi

Guru selalu membutuhkan siswa sebagai objek dalam mengajar. Begitu juga dengan siswa, yang membuutuhkan guru sebagai sumber ilmu pengetahuan. Untuk itu, seharusnya guru dapat menjadi sumber motivasi siswa yang menjadi alasan para siswa agar semangat belajar. 

Tugas guru dalam memberi motivasi kepada siswa dapat dilaksanakan dengan baik melalui cerita teladan, nasehat langsung kepada siswa, dan juga dengan berbagi pengalaman. 

4. Memberi Contoh

Banyak yang mengatakan bahwa guru merupakan seorang yang dapat dijadikan sebagai contoh. Oleh karena itu, tugas guru yang selanjutnya ialah memberi contoh kepada siswa. 

Contoh di sini bukan diartikan agar siswa menjadi sama seperti guru tersebut, namun lebih kepada menjadi sebuah cermin akan pribadi dan juga akhlaq yang dimiliki. Ketika guru dijadikan contoh oleh siswa, maka sudah wajib hukumnya bagi guru agar memiliki akhlaq yang mulia. 

5. Menjadi Pengamat

Tugas guru selanjutnya dapat dikatakan sebagai pengamat, yaitu mengamati setiap inci perkembangan siswanya. Dengan menjadi pengamat, guru akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan memberi solusi yang tepat demi kemajuan siswanya. 

Siswa yang perkembangannya selalu diamati oleh guru nantinya akan menjadi siswa yang terpantau dan juga mampu melakukan kewajibannya dengan baik saat menjadi siswa. Tugas guru dalam menjadi pengamat akan membuat siswa merasa terawasi saat belajar dan sekolah. Sehingga pada akhirnya dia akan menjadi anak patuh dan juga menurut akan apa yang dikatakan oleh gurunya. 

6. Menjadi Orang Spesial

Tugas guru yang selanjutnya yaitu harus masuk ke dalam hati dan pikiran anak. Guru yang dapat masuk dalam hati dan pikiran anak pada akhirnya akan selalu di kenang dan menjadi orang spesial yang berperan dalam kehidupannya. 

Menjadi orang spesial sudah pasti kehadirannya selalu dirindukan dan juga dinanti nanti. Rasa kagum siswa kepada guru juga akan muncul ketika siswa menjadikan guru sebagai orang spesial yang mampu mengantarkannya pada istana ilmu pengetahuan. 

Tugas guru sebenarnya fleksibel, tidak bisa dipatenkan melalui poin-poin khusus. Namun setelah membaca ulasan mengenai tugas guru di atas, tentunya anda akan berfikir dan berkeinginan untuk menjadi guru yang lebih baik lagi. Pada akhirnya anda akan selalu menempatkan tugas anda sebagai tugas yang penting demi kemajuan anak didik. 

Jadilah guru yang kehadirannya selalu dinanti, jadilah guru yang dengan senyum saja siswa merasa tenang dan nyaman. Jadilah guru yang selama ini diidamkan siswa melalui hati nurani anda. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Ketahui 7 Tugas Guru Agar Semakin Cinta dengan Profesi Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel